FKIP UHAMKA

PBSI FKIP Uhamka Menjadi Pilot Project dengan Lulusan Mahasiswa Berbasis Project

Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) memiliki berbagai fakultas dan prodi unggulan yang mampu meluluskan sarjana-sarjana yang kompeten di bidangnya. Di dalam hal ini, Uhamka sebagai universitas yang mengikuti revolusi dalam dunia pendidikan pun memberikan berbagai macam opsi dan pilihan bagi para mahasiswa dalam menjalani kehidupan perkuliahan.

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uhamka menjadi salah satu prodi yang unggul dan mampu berinovasi dalam menciptakan lulusan yang  unggul dalam segala bidang khususnya sebagai sastrawan. Untuk mencapai hal tersebut, PBSI FKIP Uhamka merancang program unggulan dengan meluluskan mahasiswa tanpa jalur skripsi.

Kebijakan ini dibangun oleh prodi PBSI Uhamka dengan mengganti Tugas Akhir (TA) skripsi dengan publikasi karya yang terintergrasi dan diakui oleh badan terkait.

Kebijakan ini telah diaplikasikan oleh salah satu mahasiswa PBSI Uhamka yang yaitu Muhammad Rizki Nur Rachman lulusan prodi PBSI tahun 2021 yang telah menerbitkan tiga buah buku kumpulan puisi yang terintegrasi dengan International Standard Book Number (ISBN).

Dalam penyusunan TA berupa buku kumpulan puisi ini ia dibimbing oleh dosen PBSI Uhamka Nur Amalia dan direview oleh Ketua Prodi PBSI Uhamka Prof. Prima Gusti Yanti dan salah satu dosen PBSI Uhamka Abdul Rahman Jupri.

Prof Prima Gusti Yanti mengungkapkan bahwa PBSI Uhamka menjadi pilot project dalam tugas akhir mahasiswa dengan mengembangkan lulusan berbasis project atau karya. Ini membuktikan bahwa PBSI Uhamka senantiasa mendukung langkah dan inovasi mahasiswa melalui karya-karya yang diciptakan.

“Selain itu kebijakan ini juga mendukung mahasiswa untuk siap dalam mengambil langkah dan mengembangkan ide serta gagasan yang dimiliki agar menjadi sebuah karya yang bukan hanya sebagai nilai kelulusan. Tapi juga sebagai nilai keindahan yang dapat dnikmati oleh setiap lapisan masyarakat,” ujar Prof Prima.

Daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/ atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id ke menu “Beasiswa Mahasiswa” atau https://linktr.ee/uhamka . Bagi kalian yang ingin mengetahui seluruh program studi di FKIP Uhamka dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka  atau mengecek Program Studi Unggulan di FKIP Uhamka bisa melalui https://linktr.ee/pbsiuhamka CP. 081296927262

Stockity