FKIP UHAMKA

Pekom Menggelar Desiminasi Hasil Publikasi Artikel Ilmiah

Hai sobat HAMKA. Sebagai mahasiswa/i tentunya sudah tidak asing lagi dengan tugas akhir ya. Tugas akhir merupakan salah satu persyaratan kelulusan mahasiswa. Berbicara mengenai tugas akhir pasti membawa perasaan yang degdegan hingga memacu adrenalin kita yaa hihi. Tugas akhir berupa karya ilmiah yang disusun oleh mahasiswa berdasarkan hasil penelitian suatu masalah yang dapat diwujudkan dalam bentuk skripsi dan publikasi artikel ilmiah. Pada Jumat, 13 Agustus 2021 pendidikan ekonomi FKIP Uhamka telah menyelenggarakan desiminasi hasil publikasi artikel ilmiah. Sobat HAMKA sudah tahu belum? Bahwa mahasiswa/i yang memilih tugas akhir pada jalur publikasi artikel ilmiah akan memperoleh nilai 80 atau bisa disebut nilai peringkat huruf A. Wah, menarik ya. Siapa yang tidak bangga dengan nilai A?

Acara dihadiri oleh Ibu Dr. Hj. Onny Fitriana S, M.Pd selaku ketua prodi pendidikan ekonomi, Ibu Trisni Handayani, M.Pd selaku sekretaris program studi pendidikan ekonomi, Bapak Purnama Syae Purrohman dan Bapak Sugiono, M.Pd dari tim utilitas, Ibu Novelia Utami, M.Pd dari tim verifikasi tugas akhir pendidikan ekonomi, Bapak Drs. H. M. Jamil Latief, MM. M.Pd, Bapak Subali, Ms, dan Bapak Supriansyah, M.Pd selaku dosen pembimbing yang turut hadir. Tak hanya itu, acara ini juga dipenuhi oleh mahasiswa/i dari semester 6. Mahasiswa dan mahasiswi dari angkatan tahun 2017 sebagai pemantik yang memilih jalur publikasi artikel ilmiah, yaitu:

  1. Ahmad Saoki Andriyana, dengan judul “Konsep Work Life Balance Terhadap Produktivitas Pegawai yang Menerapkan Work From Home Pada Masa Pandemi Covid-19” publish pada JENIUS: Jurnal ilmiah, manajemen sumber daya manusia.
  2. Azira Prawinugraha, dengan judul “Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Kearifan Lokal Sumber Daya Kelautan dan Perikanan” publish pada Edukatif: Jurnal ilmu pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
  3. Wardah Safitri, dengan judul “Pengaruh Praktik Kerja Industri Terhadap Karakter Kemandirian Siswa Kelas XII Pada Sekolah Menengah Kejuruan” publish pada JDP: Jurnal Dinamika Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia.
  4. Hurinnabila Arfah, dengan judul “Implementasi Program Sekolah Pencetak Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMKN 1 Cimahi” publish pada JPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Universitas Jember.
  5. Dela Septiansari, dengan judul “Pengaruh Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19” publish pada Jurnal EMT KITA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi.
  6. Rika Yuliana Putri, dengan judul “Pengaruh Literasi Digital Terhadap Kesiapan Kerja Generasi Z Di Sekolah Menengah Kejuruan” publish pada Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Lebih lanjut, para pemantik membagikan hal yang harus diperhatikan dalam menyusun artikel publikasi ilmiah, ialah:

  • Menyesuaikan waktu pengambilan data dan olah penelitian dengan jadwal waktu pada publisher jurnal.
  • Melihat template jurnal yang digunakan.
  • Melihat dan sesuaikan fokus sub penelitian pada jurnal.
  • Mengkaji jurnal penelitian yang relevan.
  • Mendaftar pada lebih dari satu publisher.

 

Tidak ada yang tidak mungkin jika kita terus berusaha. Dan jangan lupa libatkan Allah Swt dalam tiap langkah usaha kita. Untuk sobat HAMKA yang belum memasuki semester akhir dan yang akan menjalani semester akhir, semoga berita ini dapat memotivasi kita untuk menentukan jalur pada tugas akhir. Semangat menggapai puncak akhir tuk raih sarjana ya! We are climbers!.

Bidang Akademik dan Kerjasama

KKNDik MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA DI FKIP UHAMKA

Jakarta, 30 Januari 2023, FKIP UHAMKA bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta, dalam kegiatan KKNdik Terintegrasi Luar Jateng dan DIY, adapun jumlah mahasiswa UMS yang datang ke FKIP UHAMKA berjumlah 79