FKIP UHAMKA

PEMBAGIAN SEMBAKO EDUKASI DALAM UPAYA PEDULI PANDEMI COVID-19: KERJASAMA PG PAUD DAN PSGPA

Masyarakat Indonesia akhir-akhir ini digemparkan oleh pandemi virus corona atau disebut dengan Covid-19. Akibatnya, pemerintah menerapkan berbagai seperangkat peraturan guna memutus tali penyebaran dari Covid-19. Aturan pemerintah yang sudah berjalan mulai dari menerapkan suatu kebijakan social distancing atau melakukan pembatasan sosial dengan tidak melakukan kegiatan beramai-ramai, kebijakan bekerja dari rumah atau work from home dan kebijakan PSBB atau pembatasan sosial berskala besar.

Aturan dan kebijakan pemerintah ini memiliki dampak yang besar pada berbagai sektor di Indonesia mulai dari pendidikan, perdagangan, bisnis, wisata, sektor keuangan,  hingga pada perekonomian. Dimana sektor pendidikan, sarana dan prasarana sekolah menerapkan kegiatan pembelajaran yang mulanya di sekolah menjadi kegiatan pembelajaran dirumah, tak terkecuali pada anak usia dini.

Galeri lainya

Dalam rangka upaya peduli pandemi Covid-19, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) bersama Pusat Studi Gender dan Perlindungan Anak (PSGPA) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) melaksanakan suatu kegiatan positif dalam upaya mendukung kebijakan pemerintah dalam menerapkan pembelajaran dirumah. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kontribusi positif kepada keluarga Indonesia berupa pengabdian masyarakat pembagian sembako edukasi, mempererat ikatan keluarga dan analisis dampak pandemi Covid-19 terhadap anak dan keluarga melalui penelitian.

Pembagian paket sembako edukasi diberikan secara simbolis oleh Ketua PGSPA UHAMKA Prof. Yoce Aliah Darma., M. Pd kepada Ketua Ikatan Guru Busthanul Athfal ‘Aisyiyah DKI Jakarta, Dra. Hj. Nurhayati, perwakilan karyawan dan dosen UHAMKA, dan mitra UHAMKA pada tanggal 18 mei 2020 di kantor PGSPA UHAMKA, Jalan Tanah Merdeka, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

 

Paket sembako edukasi ini berupa booklet panduan ‘Senang Bergembira Bersama Keluarga’, Activity Book, poster, buku cerita, serta mainan edukasi yang mampu memaksimalkan kemampuan motorik halus dan motorik anak selama belajar dan bermain dirumah. Paket sembako edukasi ini diharap agar dapat memberikan bantuan kepada orangtua secara edukatif dalam penciptaan kegiatan gembira bersama dengan keluarga dirumah.

 

Bidang Akademik dan Kerjasama

Jakarta, 14 November 2022, Pimpinan FKIP UHAMKA bersama Ketua dan Sekretaris LPPM dan Lemlitbang UHAMKA, melaksanakan Koordinasi terkait Pengabdian dan Penelitian Dosen FKIP UHAMKA