FKIP UHAMKA

Pembuatan pupuk organic dari kotoran ayam oleh dosen Biologi Uhamka di Cariu

Lembaga Penelitian dan Pengabdian masyarakat (LPPM) Uhamka dan SMK Muhammadiyah Cariu melaksanakan kerjasama dalam bentuk pelatihan. Pelatihan tersebut merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tim dosen pendidikan biologi Uhamka terdiri dari Hilman Faruq, M.Pd. sebagai ketua, Andri Hutari, M.Sc dan Luthpi Safahi, M.Pd selaku anggota. Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin, 27 Juli 2020 ini memiliki tema pemanfaatan kotoran ayam menjadi pupuk organic untuk sayur-mayur pekarangan. 

Selama ini, masyarakat jarang sekali memanfaatkan kotoran ayam sebagai pupuk. Kalaupun ada biasanya kotoran tersebut langsung saja diberikan pada tanaman, cara tersebut kurang efektif karena dapat memberikan suatu cekaman pada tumbuhan. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan masyarakat mampu memanfaatkan kotoran ayam tersebut secara maksimal. Pembuatan pupuk organic dari kotoran ayam merupakan proses fermentasi, yang dibutuhkan dalam proses pembuatannya adalah bakteri baik (dapat berupa EM4, yoghurt), gula, air, dan tentunya kotoran ayam.

Sebelum membuat pupuk, terlebih dahulu materi disampaikan oleh Andri Hutari, M.Sc. Hal ini dilakukan agar peserta mendapatkan pemahaman awal. Dalam penyampaianya Andri menjelaskan “proses yang dilakukan sangatlah mudah, kita keringkan kotoran ayam, setelah itu kita berikan EM4, gula dan air. Kemudian kita simpan dalam suatu tempat dan biarkan selama lebih kurang 14 hari, ingat ya takarannya harus sesuai agar hasilnya maksimal” jelas Andri dalam presentasinya. 

Kegiatan pelatihan dilanjutkan pada sesi praktikum pembuatan pupuk kandang. Sejumlah siswa sudah mengumpulkan kotoran ayam yang sudah dikeringkan, kemudian memberikan EM4 dan gula. Semua dilakukan di bawah pengawasan Hilman Faruq, M.Pd selaku mentor kegiatan. Ada yang ragu-ragu dalam mengaduk, ada yang sangat serius dan antusias. “ih pak, geuleuh (Sunda=Jijik)” ucap Asep yang ragu mengaduknya. 

Kepala SMK Muhammadiyah Cariu Mukmin, S.Pd berharap kegiatan seperti ini agar selalu dilaksanakan secara kontinyu di SMK Muhammadiyah Cariu. Harapannya agar guru-guru dan khususnya siswa mendapatkan ilmu tambahan yang memang diperlukan dalam proses pembelajaran maupun kehidupannya sehari-hari. 

Mau ikutan kegiatan seru lainnya? Daftarkan segera dirimu di Pendidikan Biologi FKIP Uhamka dan mari menjadi keluarga besar Uhamka. Untuk informasi pendaftaran dari rumah (0815 1300 1900 & 0858 1300 1600).

 

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Program Studi Pendidikan Biologi. 

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. 

Integrity | Trust | Compassion

Bidang Akademik dan Kerjasama

KKNDik MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA DI FKIP UHAMKA

Jakarta, 30 Januari 2023, FKIP UHAMKA bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta, dalam kegiatan KKNdik Terintegrasi Luar Jateng dan DIY, adapun jumlah mahasiswa UMS yang datang ke FKIP UHAMKA berjumlah 79