FKIP UHAMKA

Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Uhamka Ukur Kemampuan Berbahasa melalui Harumatsuri

 

Pendidikan Bahasa Jepang (PBJ) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menggelar kegiatan Harumatsuri yang ke-16 dengan tema Have a Fun Experience dimulai pada 21 Mei – 28 Mei.

 

Harumatsuri adalah suatu kegiatan rutin yang berupa Festival Musim Semi. Pada saat festival ini berlangsung, masyarakat di negara Jepang melakukan banyak kegiatan dan acara yang sudah dilakukan sejak dulu untuk berdoa maupun menyambut musim semi. Pada saat musim semi tiba, bunga-bungapun bermekaran, yang diartikan sebagai perubahan untuk awal yang baru bagi masyarakat jepang.

Desvian Bandarsyah selaku Dekan FKIP Uhamka menyampaikan musim semi sering dihubungkan dengan negeri sakura. Ia juga menambahkan bahwa negara Jepang ini merupakan negeri yang indah, negeri yang bersih sekali, kehidupannya sangat teratur, dan hukum betuk-betul ditegakkan.

 

“Hal tersebut menggambarkan betapa masyarakat Jepang merupakan masyarakat yang terdidik, karena terdidik memiliki kesadaran. Masyarakat yang memiliki budaya, karena berbudaya menjalankan kebudayaannya merupakan ciri bangsa yang unggul. Jadi kalau kita ingin menjadi bangsa yang unggul masih panjang. Proses menjadi unggul itu masih panjang,” tutur Desvian.

 

Dilain pihak, Rita Agustina Karnawati selaku Ketua Program Studi PBJ mengatakan bahwa kegiatan Harumatsuri merupakan salah satu acara yang telah diselenggaran oleh Prodi Bahasa Jepang FKIP Uhamka yang telah dilaksanakan selama 16 tahun.

 

“Harumatsuri adalah sebuah acara yang ditujukan sebagai wadah pembelajar bahasa Jepang baik di tingkat menengah maupun masyarakat umum untuk mengukur kemampuan berbahasa Jepang. Semoga acara ini berjalan lancar. Semoga adik-adik membawa prestasi untuk sekolah. Bagi yang menang saya ucapkan selamat, bagi yang belum menang anda tetap juara. Anda semua adalah juara. Semoga pulang dari sini membawa prestasi yang membanggakan untuk sekolahnya maupun universitasnya,” tutur Rita.

 

Daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/ atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id ke menu “Beasiswa Mahasiswa” atau https://linktr.ee/uhamka . Bagi kalian yang ingin mengetahui seluruh program studi di FKIP Uhamka dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka

Penulis : Alif

Editor: DY

Bidang Akademik dan Kerjasama

FGD TIM TEACHING

Jakarta, 27 Januari 2022, Dilakansakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Mata Kuliah Tim Teaching Tahun Akademik 2022-2023