FKIP UHAMKA

Pendidikan Biologi Uhamka Gelar Webinar Pembekalan Pembuatan RPP Biologi Kurikulum Merdeka

Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA) merupakan Perguruan Tinggi Islam swasta terbaik di Indonesia dengan akreditasi Unggul . Baru – baru ini Uhamka berhasil meraih posisi Impact Webometrics tertinggi dari 172 Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Indonesia-Malaysia. Hal ini menunjukkan bahwa Uhamka semakin memantapkan posisinya sebagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah terbaik.

Program Studi Pendidikan Biologi Uhamka menggelar webinar pembekalan pembuatan RPP Biologi Kurikulum Merdeka pada Sabtu (15/10). Webinar ini digelar secara daring dan mengundang narasumber Ibu Rani Asmara dari SMAN 2 Kota Mojokerto. Kegiatan ini mengangkat tema mengenai bagaimana mempersiapkan perangkat pembelajaran. Salah satu cara kita dalam mengawali pembelajaran adalah pendidik dan peserta didik nyaman dan aman dalam lingkungan kelasnya.  Guru adalah sebagai fasilitator yang dapat merancang pembelajaran di dalam dan di luar kelar, tutur Rani. Agar peserta didik dapat mewujudkan kehidupan yang baik dan bermakna.

Jadi semua aktivitas peserta didik harus sudah dirancang oleh guru agar aktivitas peserta didik tercapai, efektif, optimal dan sesuai dengan tujuannya. Kurikulum merdeka itu terdiri dari struktur kurikulum, capaian pembelajaran, pembelajaran dan asesmen. Sekolah dibebaskan untuk Menyusun Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP). Salah satu penyebab munculnya kurikulum merdeka ini adalah adanya pandemi dan keterbatasan mendorong pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa serta memberikan ruang lebih luas pada pengembangan karakter dan kompetensi dasar.

Karakteristik kurikulum merdeka ini adalah pembelajaran berbasis proyek untuk pengembangan soft skill dan karakter, fokus pada materi esensial sehingga waktu cukup untuk materi yang mendalam, dan fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan peserta didik.

Dalam kurikulum merdeka Langkah pertama adalah (1) memahami garis besar kurikulum merdeka; (2) panduan pembelajaran dan asesmen; (3) memahami pengembangan kurikulum operasional satuan Pendidikan (KOSP) dalam kurikulum merdeka; dan (4) memahami pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila lintas mata pelajaran. “Misalnya jika di tempat kita mengajar ada empat orang pengajar Biologi pada fase B maka alur pembelajaran, tujuan pembelajaran dapat dirumuskan dan didiskusikan bersama-sama,” ujar beliau.

Ketika kurikulum mereka ini diterapkan ada tim teaching dan ada tim integrasi. Seperti kelompok IPA : Fisika, Biologi, dan Kimia. Sedangkan untuk IPS: Ekonomi, Sosiologi, dan Akuntansi. Masing- masing mata pelajaran ini 2 JP. Alokasi projek minimal 1JP untuk projek. Jadi minimal ada 25% projek dalam seluruh mata pelajaran 1 semester.  Proses perancangan kegiatan pembelajaran adalah adalah (a) memahami capaian pembelajaran; (b) merumuskan tujuan pembelajaran; (c) Menyusun alur tujuan pembelajaran dari tujuan pembelajaran; (d) merancang pembelajaran; (e)  modul ajar . Capaian pembelajaran ini sudah dipersiapkan oleh pemerintah ucap Rani.

Rekaman webinar kegiatan ini dapat diakses melalui laman berikut:  https://youtu.be/J-hMALAoN48.

Yuk Buruan daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. Silahkan mengecek Program Studi Pendidikan Biologi Unggulan di FKIP Uhamka https://pbio.uhamka.ac.id/ atau di Instagram https://www.instagram.com/biohamka. Atau +62 881-0241-37317. Ada banyak potensi beasiswa di kampus FKIP UHAMKA seperti beasiswa berprestasi, beasiswa KIP, KJP, Beasiswa Cerdas, Beasiswa Merdeka, beasiswa Lazismu, beasiswa UKT dan banyak beasiswa menarik lainnya.

Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/   atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id ke menu “Beasiswa Mahasiswa”, https://bit.ly/FKIPUhamka atau https://linktr.ee/uhamka. Bagi kalian yang ingin mengetahui seluruh program studi di FKIP Uhamka dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka.

Penulis: HNY

Editor: LM

Bidang Akademik dan Kerjasama

FGD TIM TEACHING

Jakarta, 27 Januari 2022, Dilakansakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Mata Kuliah Tim Teaching Tahun Akademik 2022-2023