FKIP UHAMKA

Pendidikan Ekonomi FKIP UHAMKA : Sikap Wajib Kaum Milenial “Memiliki Sikap Entrepreneurship di Era 5.0”

Jumat (27/5), Webinar Nasional Competition Festival Disruption (CFD) telah dilaksanakan oleh HIMA PEKOM FKIP UHAMKA dengan pemaparan materi oleh Kak Kholillah Tunnisyah S. Pd selaku Bankir, Owner Kedai Kokikukho, dan Freelance Model. Materi sekaligus diskusi terbuka ini dipandu oleh Sherlina Primadita selaku Moderator dengan topik pembahasan “Kewirausahaan di Era 5.0”.

Kak Kholillah Tunnisyah S.Pd menyampaikan, “Revolusi Industri 4.0 menekankan bahwa peran manusia akan digantikan oleh robot, sedangkan Society 5.0 menekankan bagaimana mengoptimalkan tanggung jawab jam kerja untuk menyelesaikan pekerjaan, dengan bantuan atau pendampingan mesin cerdas.” 

“Manusia kalau di 4.0 itu masih didominasi oleh teknologi. Sedangkan, di 5.0 manusia berdampingan dengan teknologi. Artinya, di sini bahwa kita yang mendominasi itu robot karena jika manusia terus-terusan didominasi oleh teknologi, maka manusia tidak akan bisa berkembang. Nah, di era 5.0 ini kita yang berkembang, jadi kita yang menguasai teknologi tersebut,” imbuh salah satu peserta Webinar CFD 2022. 

“Untuk memulai usaha itu harus didasari rasa nekat dan siap atas segala resiko. Fokus atas usaha kita. Memang segala sesuatu itu harus ada yang dikorbankan dan tidak bisa semua yang kita harapkan berjalan dengan sempurna. Ketika kita ingin memulai usaha cobalah untuk memulai mencintai diri kita karena kita harus mencintai apa yang menjadi kekurangan dan kelebihan kita. Kita tahu proporsi kita sampai mana, tidak berangan-angan terlalu tinggi namun kita juga tidak jatuh terlalu bawah. Kita bisa menggapai lebih, tetapi kita harus paham diri kita sampai batas mana yang bisa kita lampaui. Jadi, apapun nanti di depan ketika ada kendala, kita tetap bisa ikhlas atapun menyalahkan apapun terutama diri kita. Kita yang memulai berarti kita yang harus tanggung jawab,” Kholillah Tunnisyah. Kemudian, acara diakhiri dengan penyerahan penghargaan berupa E-sertifikat kepada Pemateri. 

Daftarkan diri Anda segera mungkin untuk menjadi calon mahasiswa baru di Uhamka dengan penawaran program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/ atau https://linktr.ee/uhamka. Untuk dapat mengetahui seluruh program studi di Uhamka dan dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka. Follow Ig @himapekom_uhamka dan Ig @pendidikanekonomi_uhamka

 

Penulis: BC

Editor: HNY

Bidang Akademik dan Kerjasama

FGD TIM TEACHING

Jakarta, 27 Januari 2022, Dilakansakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Mata Kuliah Tim Teaching Tahun Akademik 2022-2023