FKIP UHAMKA

PENINGKATAN KUALITAS PENELITIAN DAN PUBLIKASI ILMIAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI DALAM MERESPON KAMPUS MERDEKA

Program Studi Pendidikan Geografi UHAMKA pada Jumat, 26 Juni 2020 melaksanakan kegiatan workshop penelitian dan publikasi ilmiah dengan narasumber Prof. Dr. Suswandari, M.Pd (Ketua Lemlitbang UHAMKA) dan Herri Mulyoon, PhD. (Ketua Unit Pembinaan dan Pengembangan Publikasi Ilmiah). Pada kegiatan tersebut di moderator oleh Siti Dahlia, M.Sc. Peserta kegiatan terdiri dari dosen dan mahasiswa dengan jumlah 86 orang.

Galeri lainya

Pada kegiatan diskusi tersebut membahasa terkait road map penelitian, skema penelitian, hibah penelitian secara internal dan eksternal, kebijakan tugas akhir jalur publikasi, jenis publikasi ilmiah, sistematika penulisan artikel ilmiah, dan tema-tema menarik dalam penelitian dan publikasi.

Menurut Prof. Suswandari, M.Pd untuk meningkatkan kualitas penelitian yaitu penting adanya riset kolaborasi antar disiplin ilmu, hal ini dikemukan seperti: kajian Pendidikan Geografi dengan Fakultas Teknik terkait kebencanaan atau analisis spasial. Lebih lanjut, beliau menjelaskan untuk memperkuat luaran dari penelitian penting adanya road map penelitian sebagai payung dari riset yang akan dilaksanakan oleh program studi.

Selain itu, terkait Publikasi Ilmiah Menurut Bapak Herri Mulyono, M.Pd menjelaskan bahwa terdapat kebijakan fakultas terkait skema penyelesaian tugas akhir berbasis publikasi ilmiah dengan berbagai kriteria yaitu: publikasi pada media prosiding, Jurnal Nasional terindeks Sinta, Jurnal International, dan Jurnal International Bereputasi. Untuk mendukung hal tersebut perlu upaya perencanaan dalam hal target capaian, sehinga penting adanya kerjasama antara mahasiswa dengan dosen pembimbing. Untuk mencapai tersebut tips yang disarankan untuk dosen pembimbing yaitu menyempakati tema riset dengan mahasiswa, dan memberikan artikel bereputasi terkait tema tersbut kepada mahasiswa. Selain itu, tips untuk mahasiswa penting dalam meningkatan referensi bacaan, merencanakan time schedule, menargetkan jurnal tujuan, dan mempelajari sitasi berbasis system.

Bidang Akademik dan Kerjasama

Jakarta, 14 November 2022, Pimpinan FKIP UHAMKA bersama Ketua dan Sekretaris LPPM dan Lemlitbang UHAMKA, melaksanakan Koordinasi terkait Pengabdian dan Penelitian Dosen FKIP UHAMKA