Pentingnya Mengembangkan Soft Skill dan Hard Skill bagi Mahasiswa

Di era sekarang perkembangan teknologi kian cepat dan lahirnya resolusi Society 5.0 membuat banyak perusahaan membutuhkan lulusan yang memiliki skills tambahan selain kemampuan akademis yang dimilikinya. 

Persaingan yang  kompetitif juga menyebabkan banyaknya lulusan muda yang masih menjadi pengangguran. Kurangnya pengalaman organisasi, magang atau aktivitas lain di luar perkuliahan yang sejatinya dapat menjadi nilai plus membuat seorang fresh graduate kurang dilirik oleh perusahaan. 

Kira-kira skills apa saja yang bermanfaat dan dibutuhkan untuk mahasiswa? Berikut adalah skill-skill yang harus kamu miliki:

  • Public Speaking 

Soft skill yang satu ini sangat sulit dilakukan bagi sebagian orang. Banyak orang merasa tidak percaya diri ketika bicara di depan umum, bahkan untuk presentasi di depan kelas saja sudah gugup, hal ini sering disebut demam panggung. 

Namun, jika kamu ingin membangun personal branding yang baik, kamu harus coba untuk menaklukan skill yang satu ini. Mulailah dari berlatih bicara di depan cermin, lihat bagaimana ekspersi kamu ketika menceritakan suatu hal. 

Dengan terus berlatih, percayalah bahwa kamu akan terbiasa dan menjadi pede untuk bicara di depan umum.

  • Problem Solving dan Analytical Thinking

Mengembangkan soft skill seperti problem solving dan berpikir kritis wajib dimiliki. Dengan melatih dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis, bisa membantu kamu menemukan solusi terbaik untuk menyelesaikan setiap masalah yang ada di dunia kerja.

Dengan banyak membaca buku kamu akan menguasai banyak kosa kata baru, membuka cara berpikir dan dapat mengalisa suatu masalah. Kamu juga bisa berlatih berdiskusi mengenai suatu topik dengan teman atau keluarga. Sekedar membahas isu-isu hangat di sekitarmu dapat menambah daya berpikir dan analisa kamu loh.

  • Manajemen Waktu

Banyak mahasiswa mengalami masalah dalam mengatur waktu. Padahal ia punya waktu untuk melakukan hal-hal positif atau mengerjakan tugas. Tapi ia malah lalai dan mementingkan bermain. Alhasil sering terjadi pengerjaan tugas yang SKS (sistem kebut semalam). 

Cobalah untuk membiasakan diri disiplin dan tepat waktu, hal ini akan membawa dampak yang positif saat kamu berada di dunia kerja. Buatkan timeline atau jadwal kerjamu setiap hari penting untuk dapat menguasai skill yang satu ini.

  • Graphic Designer

Kemampuan membuat desain sangat diperlukan untuk pekerjaan yang membutuhkan produksi konten yang menarik. Ada beberapa manfaat yang bisa kamu ambil jika memiliki kemampuan ini. 

Pertama, untuk tugas kuliah, sering kali dosen meminta mahasiswa untuk membuat sebuat desain seperti poster. Kedua, menawarkan jasa, dengan begitu kamu akan mendapat penghasilan tambahan dari kemampuan desain kamu. Ketiga, memperindah tampilan media sosial kamu, saat ini banyak orang berlomba-lomba untuk membuat tampilan beranda sosial media mereka terlihat bagus, nah kamu bisa memanfaatkan keahlian kamu untuk menambah percaya diri ketika orang lain mengunjungi akun kamu.

  • Skill di bidang TI

Orang yang memiliki keahlian di bidang TI (Teknologi Informasi) saat ini banyak diburu oleh perusahaan-perusahaan. Jika kamu tertarik untuk mendalami karier di bidang TI, tentu saja kamu harus memperdalam kemampuan dan pengetahuan terkait teknologi terbaru.

  • Digital Marketing

Walau kamu bukan dari jurusan marketing atau bisnis tapi tidak ada salahnya untuk mempelajari ilmu tentang digital marketing. Melalui digital marketing, kamu bisa menjangkau konsumen secara online. Kamu dapat melayani pelanggan tanpa secara langsung, sehingga jauh lebih efisien dan juga membuat evaluasi jadi lebih mudah.

Itu dia beberapa skills yang wajib kamu miliki sebagai seorang mahasiswa. Terus asah kemampuan kamu agar bisa bersaing secara kompetitif dan profesional di dunia kerja.