FKIP UHAMKA

Pentingnya Peran Alumni dalam Mensukseskan Tracer Study Uhamka

Hello… Sahabat Uhamka. Masih ingatkah kamu dengan almamatermu? Masih ingatkah kamu saat pertama kali aku, kamu, dan kita semua bertemu? di sini, di kampus ini. Kampus Perjuangan, UHAMKA Tercinta.

Bagi kamu alumni Uhamka angkatan 2016, 2017, dan 2018 sekarang giliranmu untuk mengisi kuesioner tracer study Uhamka. Masih belum tahu apa itu Tracer Study?

Tracer Study merupakan salah satu metode yang digunakan oleh beberapa perguruan tinggi, khususnya di Indonesia untuk memperoleh umpan balik dari alumni. Umpan balik yang diperoleh dari alumni ini dibutuhkan oleh perguruan tinggi dalam usahanya untuk perbaikan serta pengembangan kualitas dan sistem pendidikan. Tak hanya itu, umpan balik inipun dapat bermanfaat untuk memetakan dunia usaha dan industri agar jeda diantara kompetensi yang diperoleh alumni saat kuliah dengan tuntutan dunia kerja dapat diperkecil.

Salah satu upaya yang dilakukan UHAMKA dalam meningkatkan mutu layanan Pendidikan tingginya adalah melalui penyelenggraanTracer Study. Di era reformasi teknologi saat ini, Tracer Study menjadi salah satu metode untuk memperoleh input dari para alumni UHAMKA tentang penyelenggaraan layanan pendidikan selama menempuh kuliah dan aktivitasnya di tengah masyarakat. Informasi para alumni UHAMKA melalui kegiatan Tracer Study ini, diharapkan dapat memberikan informasi terkait dengan tingkat keberhasilan UHAMKA dalam penyelenggaraan layanan pendidikan kurikuler maupun non-kurikuler.

Penelusuran aktivitas alumni yang ada di tengah masyarakat, terkait dengan kecocokan, ketepatan dan atau kesesuaian ilmu yang diberikan dengan realitas dunia kerja. Data hasil Tracer Study UHAMKA 2020 secara nyata akan membantu mengatasi permasalahan kesenjangan antara apa yang diberikan, kesempatan kerja yang ditawarkan dan upaya perbaikannya. Bagi UHAMKA, informasi mengenai kompetensi yang relevan bagi dunia usaha dan industri (DUDI) dapat membantu upaya perbaikan kurikulum dan sistem pembelajaran. Di sisi lain, dunia usaha dan industri dapat melihat UHAMKA sebagai perguruan tinggi melalui Tracer Study. Masyarakat DUDI dapat menjalin kerjasama dengan UHAMKA dalam memberikan kompetensi spesifik lainnya bagi para tenaga kerja yang dimiliki.

Jadi kontribusi Alumni dalam mensukseskan Tracer Study sangat penting untuk pengembangan Uhamka ke depanya. Yuk segera kunjungi link www.tracer.uhamka.ac.id Untuk Panduan singkat pengisian kuisioner Tracer Study bisa donwload disini. Permohonan Pengisian Kuisioner Disini.

4 Panduan Singkat Pengisian Kuesioner-alumni

 

1 Permohonan Pengisian Kuisioner_Alumni

 

Bidang Akademik dan Kerjasama

Jakarta, 14 November 2022, Pimpinan FKIP UHAMKA bersama Ketua dan Sekretaris LPPM dan Lemlitbang UHAMKA, melaksanakan Koordinasi terkait Pengabdian dan Penelitian Dosen FKIP UHAMKA