FKIP UHAMKA

Perkaya Skill dan Peluang Karier Masa Depan Melalui Kampus Merdeka

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam upaya meningkatkan kompetensi lulusan yang unggul, berdaya saing dan inovatif, menciptakan berbagai kebijakan guna menunjang keberhasilan gagasan tersebut. Salah satunya dengan meluncurkan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

 

Melansir laman resmi https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/ program ini ditujukan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa/i untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan.

 

Saat ini sudah ada 12 program yang diluncurkan oleh Kemendikbudristek dalam Kampus Merdeka. Berikut daftar program-program yang ada di Kampus Merdeka yang bisa Sobat Hamka Muda pilih:

  1. Pertukaran Mahasiswa

Program ini ditujukan untuk memberikan mahasiswa kesempatan belajar lintas budaya dan memperluas jaringan akademis antar mahasiswa. Program ini dapat dilakukan sebagai sarana belajar lintas prodi, fakultas hingga universitas yang berbeda. Bagi mahasiswa yang mengikuti program ini akan menerima konversi 20 sks selama 1 semester.

 

  1. Magang atau Praktik Kerja

Program ini melibatkan langsung mahasiswa dalam aktivitas internal institusi tempat magang terkait, sehingga mendapatkan pengetahuan tentang praktik terbaik dalam industri dan sektor yang diminati. Dengan pengalaman yang didapatkan selama mengikuti program ini, diharapkan mahasiswa memiliki pengalaman kerja yang berharga dan mempunyai peluang lebih besar untuk siap berkarier setelah lulus nanti.

 

  1. Studi Independen

Studi independen memungkinkan mahasiswa belajar dan beraktivitas di luar kelas perkuliahan, namun tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan. Program Studi Independen diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin melengkapi diri dengan kompetensi-kompetensi spesifik dan praktis yang juga dicari dunia usaha dan dunia industri, mulai dari data analysis hingga manajemen bisnis.

 

  1. Kampus Mengajar

Program ini memberi kesempatan untuk melatih skill mengajar sekaligus mengembangkan diri. Dalam program ini mahasiswa akan menjadi mitra guru dalam pembelajaran literasi, numerasi dan adaptasi teknologi untuk jenjang SD dan SMP. Program Kampus Mengajar berlangsung selama 1 semester dan akan mendapat pengakuan hingga 20 sks.

 

  1. Penelitian atau Riset

Penelitian atau riset merupakan bentuk kegiatan pembelajaran untuk membangun cara berpikir kritis mahasiswa yang memiliki passion menjadi peneliti muda. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas penelitian mahasiswa dan memberikan pengalaman kepada mahasiswa menjadi asisten peneliti dalam proyek riset yang besar sehhingga dapat memperkuat pool talent peneliti secara topikal.

 

  1. Membangun Desa (KKN Tematik)

Melalui program KKN Tematik, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus dengan secara langsung berkolaborasi bersama masyarakat mengidentifikasi potensi dan menangani masalah, serta mengembangkan potensi suatu desa/daerah dan meramu solusi untuk masalah yang ada di desa/daerah tersebut. BKP Membangung Desa/KKNT ini dilaksanakan selama 6 – 12 bulan untuk diakui maksimal 20–40 SKS.

 

  1. Proyek Kemanusiaan

Program ini melibatkan mahasiswa untuk membantu mengatasi bencana. Dengan adanya proyek kemanusiaan mahasiswa diharapkan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan. Selain itu, mahasiswa diharapkan juga dapat meningkatkan kepekaan sosial dan memberikan solusi sesuai dengan keahliannya.

 

  1. Program Wirausaha

Sesuai namanya, pada program ini mahasiswa akan mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi kewirausahaan dengan menjalankan kegiatan wirausaha di bawah bimbingan mentor yang ahli di bidangnya. Program ini memiliki tujuan utama yaitu untuk memperkuat kemandirian ekonomi nasional dan mendukung percepatan ekonomi digital.

 

  1. Indonesian International Student Mobility (IISMA)

ISMA merupakan program mobilitas internasional yang memfasilitasi mahasiswa untuk belajar di perguruan tinggi dunia. Mahasiswa yang lolos seleksi berkesempatan untuk kuliah selama 1 semester di perguruan tinggi terpilih. Program ini ditujukan untuk mahasiswa semester 6 untuk meningkatkan dan memperkaya wawasan maupun kompetensi mahasiswa baik yang berhubungan dengan minat maupun pemahaman lintas budaya.

 

  1. Pejuang Muda Kampus Merdeka

Pejuang muda adalah laboratorium sosial bagi para mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu dan pengetahuannya untuk memberi dampak sosial secara konkret. Melalui program setara 20 sks ini, mahasiswa akan ditantang untuk belajar dari warga sekaligus berkolaborasi dengan Pemerintah daerah, pemuka masyarakat, tokoh agama setempat serta seluruh stakeholder penggerak sosial di daerah. Mahasiswa bersama Kemensos akan berkolaborasi merancang dan mengeksekusi program sosial yang relevan untuk daerah tersebut.

 

  1. Bangkit by Google, Goto, Traveloka

Bangkit adalah program kesiapan karier yang didesain oleh Google untuk memberikan mahasiswa Indonesia paparan langsung dengan praktisi industri, serta mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan yang relevan untuk karir sukses di perusahaan teknologi terkemuka.

 

  1. Kementerian ESDM – GERILYA

GERILYA atau Gerakan Inisiatif Listrik Tenaga Surya merupakan bagian dari Studi Independen yang disiapkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk diimplementasikan pada Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Program ini ditujukan bagi mahasiswa eksakta minimal semester-6 untuk mengikuti studi independen yang setara dengan 10-20 SKS (tergantung persetujuan Universitas) yang dilaksanakan selama 1 semester.

 

Nah, itu dia ke-12 program yang ada di Kampus Merdeka Kemendikbudristek, kira-kira Hamka Muda tertarik untuk mengikuti yang mana nih? Untuk tata cara pendaftaran atau informasi lebih lanjut dapat dilihat di laman https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/

 

Daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. Silahkan mengecek Program Studi Pendidikan Biologi Unggulan di FKIP Uhamka. Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/   atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id  ke menu “Beasiswa Mahasiswa” atau https://linktr.ee/uhamka. Bagi kalian yang ingin mengetahui seluruh program studi di FKIP Uhamka dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka

 

Penulis : Nia Septiany

Editor : Husnin Nahry Yarza

Bidang Akademik dan Kerjasama

FGD TIM TEACHING

Jakarta, 27 Januari 2022, Dilakansakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Mata Kuliah Tim Teaching Tahun Akademik 2022-2023