FKIP UHAMKA

Praktikum Kimia Dasar Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA Sadar dan Cinta Lingkungan

Praktikum kimia dasar dilaksanakan oleh Dosen Pendidikan Biologi, Husnin Nahry Yarza M.Si dan mahasiswa semester 1 Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA di Laboratorium Biologi, Rabu, 5/01/2022.

Praktikum kimia dasar ini dilakukan berkaitan dengan bagaimana mengelola minyak jelantah yang nantinya akan dijadikan sabun padat. Minyak jelantah merupakan salah satu limbah yang seringkali terdapat di saluran air karena dibuang secara sembarangan. Selain itu, oleh penjual-penjual nakal cenderung digunakan terus menerus dalam mengolah barang dagangannya.

Limbah minyak jelantah ini dapat mengurangi penyerapan air tanah dan mengganggu jalannya air di saluran air. Jika dibiarkan terus-menerus limbah minyak jelantah ini akan menjadi permasalahan lingkungan yang serius. Sehingga perlu adanya pemanfaatan limbah minyak jelantah yang dapat menjadi salah satu solusi permasalahan lingkungan.

Salah satu alternatif untuk mengurangi masalah limbah minyak jelantah adalah dengan memanfaatkan kembali dan diolah menjadi sesuatu yg dapat berguna. Oleh karena itu, dosen Prodi Biologi FKIP Uhamka berinisiatif mengadakan praktikum kimia dasar tentang bagaimana mengelola limbah minyak jelantah menjadi sabun padat.

Dengan dilaksanakannya praktikum ini oleh mahasiswa Pendidikan Biologi semester 1 diharapkan mahasiswa dapat mengolah dan memanfaatkan kembali barang-barang sisa dan barang bekas yang masih dapat dimanfaatkan sebelum dibuang ke TPA. Menurut Angga Syahputra, salah satu mahasiswa yg mengikuti praktikum, dengan melaksanakan praktikum ini bersama dengan teman-temannya yang lain sangat membuka mata mereka agar dapat lebih mencintai dan menghargai pentingnya eksistensi lingkungan.

Sabun padat yang dihasilkan nantinya dapat dimanfaatkan sebagai sabun yang digunakan untuk mencuci piring, mengepel lantai, dan membersihkan kamar mandi. Selain itu, kelompok Raul AlFandi juga memanfaatkan botol aqua bekas dan tempat bungkus makanan  sebagai cetakan sabun padat ini. Jadi penerapan  4R dapat kita laksanakan Ketika praktikum kimia dasar ini yakni: reduce, reuse, recycle dan replace.

Menurut Husnin Nahry Yarza, M.Si, diperlukan literasi dan edukasi terkait kesadaran serta kecintaan akan terhadap lingkungan agar dapat terus berlanjut sampai ke anak cucu kita nantinya. Lingkungan hijau sangat menjadi cita-cita kita semua.

Daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. mengecek Program Studi Pendidikan Biologi Unggulan di FKIP Uhamka https://pbio.uhamka.ac.id/ atau di Instagram https://www.instagram.com/biohamka/ Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/  atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id  ke menu “Beasiswa Mahasiswa” https://bit.ly/beasiswafkipuhamka atau https://linktr.ee/uhamka. Bagi kalian yang ingin mengetahui seluruh program studi di FKIP Uhamka dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka.

Bidang Akademik dan Kerjasama

FGD TIM TEACHING

Jakarta, 27 Januari 2022, Dilakansakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Mata Kuliah Tim Teaching Tahun Akademik 2022-2023