FKIP UHAMKA

Program Studi Bimbingan dan Konseling Uhamka Memberikan Pelatihan Penulisan Buku Ajar Berorientasi Belajar Mandiri atau Daring

Di tengah pandemi covid 19, dosen  prodi Bimbingan dan Konseling FKIP UHAMKA tetap mengasah kemampuan intelektualnya dalam melaksanakan Catur darma Perguruan Tinggi yaitu dengan mengikuti pelatihan penulisan Buku ajar berorientasi belajar mandiri/daring.

Pelatihan ini di adakan pada hari selasa tanggal 19 Mei 2020 dengan narasumber Dr. Mochamad Nursalim, M.Si, dari Universitas negeri Surabaya dengan menggunakan aplikasi zoom meeting cloud. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan Life Skill dosen dalam menuangkan keilmuannya dalam bentuk buku yang dapat di gunakan dalam pelaksanaan pembelajaran di Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UHAMKA.

 

Acara pelatihan secara daring ini di buka lansung oleh Dekan FKIP UHAMKA, Dr. Desvian Bandarsyah, M.Pd, dalam sambutannya beliau menuturkan kegiatan yg dilakukan Prodi BK  terkait Pelatihan Buku Ajar berorientasi daring/online ini sejalan dengan program Bimbingan teknis yang di laksanakan fakultas sebelumnya. Kegiatan ini merupakan bentuk pengembangan yg dilakukan prodi dlm mengotimalkan pembelajaran terutama ketika pendemi covid 19 ini. Menurut beliau fakultas sangat  menstimulus dan mendukung ide-ide kreatif dan inovatif yang di lakukan oleh program studi.

 

Dalam paparannya, Dr. M Nursalim, M.Si menyampaikan menulis merupakan penyampaian komunikasi non verbal yang berperan dalam perubahan stimulasi pemikiran dan ide. Dengan tulisan dosen dapat menunangkan hasil pemikiran, hasil penelitian, informasi yang di miliki dan penyampaian perasaan dalm bentuk tulisan.

 

Lebih lanjut dekan FIP UNESA yang juga merupakan penulis berbagai buku bimbingan dan konseling yang di pakai dan di gunakan dosen dan mahasiswa BK se Indonesia ini mengemukakan bahwa dengan menulis dosen bisa menshadaqah Ilmu. Karena ilmu yang bermanfaat adalah salah satu amalan yang tidak akan pernah putus pahalanya walaupun seseorang telah meninggal nanti dengan warisan yang membanggakan dan bermanfaat bagi orang banyak.

 

Sementara itu, ketua Prodi Bimbingan dan Konseling FKIP UHAMKA, Dra. Asni, M.Pd., Kons dalam sambutan menuturkan “dosen-dosen prodi BK merupakan dosen-dosen yang produktif dalam pelaksanaan pembelajaran, kami meyakini pelatihan ini sangatlah bermanfaat bagi dosen bimbingan dan konseling FKIP UHAMKA, terutama dalam mewujudkan rencana prodi untuk menelurkan tulisan-tulisan ilmiah dalam bentuk jurnal dan buku ajar. Apalagi tahun 2021 BK akan kembali berjuang mempertahankan akreditasi A, yang telah di pertahan 2 kali berturut-turut sehingga pelatihan ini bermanfaat dalam mempersiapkan akreditasi ini” Kegiatan ini dilaksanakan di hadiri oleh seluruh dosen tetap prodi Bimbingan dan konseling dengan penuh semangat. Hal ini terlihat dari terjadinya keaktifan dosen dalam sesi tanya jawab dalam pemateri, bahkan beberapa dosen sudah siapkan draft tulisannya untuk segera di cetak dan di publikasikan. Kegiatan ini juga merupakan bentuk inovasi dan kerja keras Dosen dalam mempersiapkan pembelajaran yang maksimal terhadap mahasiswa setelah nantinya era pandemi ini berakhir.

 

 

Program Studi Bimbingan dan Konseling Uhamka sudah banyak memberikan pelayanan terbaiknya kepada mahasiswa-mahasiswa BK Uhamka kini BK Uhamka sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Inilah beberapa kegiatan dan testimoni dari alumni Bimbingan dan Konseling Uhamka.

 

 

Testimoni Alumni Bimbingan dan Konseling Uhamka

 

 

Bidang Akademik dan Kerjasama

Jakarta, 14 November 2022, Pimpinan FKIP UHAMKA bersama Ketua dan Sekretaris LPPM dan Lemlitbang UHAMKA, melaksanakan Koordinasi terkait Pengabdian dan Penelitian Dosen FKIP UHAMKA