FKIP UHAMKA

Program Studi Pendidikan Fisika Uhamka Gelar Buka Bersama Virtual : Begini Ceritanya

 

Ifthor Jamai istilahnya yang dikenal bersama diadakan oleh Program Studi Pendidikan Fisika Uhamka untuk lebih memeriahkan cerita Ramadhan serta menjalin ukhuwah bersama mahasiswa, alumni dan dosen. Setiap tahun Program Studi Pendidikan Fisika Uhamka selalu melaksanakan Bukber On The Lab yaitu buka bersama yang biasa dilakukan di lorong Lab. Ramadhan tahun ini tidak menyurutkan antusiasme menggelar kegiatan buka bersama walaupun di masa pandemi .Hal ini yang dilakukan Program Studi Pendidikan Fisika Uhamka dengan tetap melaksanakan Buka Bersama Virtual via daring.

Ifthor jama’i Tahun Lalu

 

Ifthor Jama’i telah dilaksanakan pada hari Selasa, 12 Mei 2020 mulai pukul 15.30 hingga menantikan adzan Magrib. Ifthor Jama’i ini juga mendapat apresiasi dari Dekan FKIP Uhamka Dr. Desvian Bandarsyah,M.Pd. Beliau mengapresiakan kekonsistenan kegiatan rutin yang selalu diadakan oleh Program Studi Pendidikan Fisika, “Program Studi Pendidikan Fisika merupakan salah satu program studi yang selalu konsisten dengan kegiatan rutin yang diadakan dan hal ini terwujud tetap dilaksanakan Ifthor Jama’i tahun ini walaupun di situasi yang mengharuskan via daring tetapi kebersamaan tetap terjalin inshaaAllah”, ujar Dekan ketika memberi Sambutan. Selain Dekan FKIP Uhamka, Wakil Dekan 1 juga turut hadir dikegiatan Ifthor Jama’i via daring ini.

Adapun kegiatan Ifthor Jama’i yaitu mulai dari dibukanya acara, pemberian sambutan dai Dekan FKIP Uhamka dan Wakil Dekan 1 FKIP Uhamka. Kemudian acara dilanjutkan dengan mendengarkan tausiyah yang disampaikan oleh salah satu Dosen Pendidikan Fisika yaitu Bu Nyai Suminten, M.Pd dengan tema tausiyah yaitu kekuatan doa. Bu Nyai menyampaikan disaat-saat situasi seperti ini ketika ruang usaha juga sudah mulai terbatas, maka Kita harus bertawakal kepada Allah, kembali ke Allah, berdoa kepada Allah, karena doa merupakan senjata bagi orang-orang yang beriman, karena sesungguhnya kekuatan doa akan membawa kita menuju takdir yang lebih baik. Sebagaimana dengan berdoa Kita merendahkan diri atas pribadi yang dzholim, kita memohon ampunan kepada Allah, karena sesungguhnya Allah mencintai hamba-hambanya yang mau memohon ampun serta bermunajat kepadanya.

 

Penyampaian Tausiyah oleh Bu Nyai Suminten, M.Pd

 

Setelah penyampaian tausiyah sambil menunggu adzan, acara dilanjutkan dengan sharing bersama Alumni, mahasiswa dan dosen. Banyak alumni yang hadir bersama bahkan dari alumni tahun 2009 juga ikut serta dalam kegiatan ini. Hal-hal yang diceritakan terkait pengalaman kuliah hingga pengalaman pekerjaan saat ini yang dibagi Alumni kepada mahasiswa Pendidikan Fisika sebagai bentuk motivasi untuk lebih semangat menjalani kuliah walaupun di saat-saat masa-masa seperti ini. Canda tawa tercipta suasana di kegiatan Ifthor Jama’i ini dan terdapat rasa haru pula atas kondisi yang terjadi. Oleh karena itu, mendekati detik-detik waktu adzan dilanjutkan kegiatan doa bersama untuk seluruh kebaikan kondisinya saat ini dan dilanjutkan hingga adzan membaca doa buka bersama dan acara selesai.

Temu Kangen Alumni dan emberikan Semangat Untuk Mahasiswa Prodi Fisika
Bidang Akademik dan Kerjasama

Jakarta, 14 November 2022, Pimpinan FKIP UHAMKA bersama Ketua dan Sekretaris LPPM dan Lemlitbang UHAMKA, melaksanakan Koordinasi terkait Pengabdian dan Penelitian Dosen FKIP UHAMKA