FKIP UHAMKA

Proses Integrasi AIKA Dalam RPS Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA

RPS merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang sangat penting yang harus dimiliki dan dipersiapkan dosen sebelum dimulainya pembelajaran. RPS terintegrasi AIKA adalah RPS yang berisikan nilai-nilai keislaman dan adanya keterkaitan antar disiplin ilmu. AIKA ini mengedepankan kepada nilai-nilai yang terdapat dalam Al Qur’an, sunnah dan hadits. Dr. Izza Rohman, M.A menuturkan bahwa” bentuk integrasi ini dapat berupa materi pembelajaran yang relevan, sejalan dengan Al Qur’an, Hadits ataupun nilai-nilai ideologi Muhammadiyah yang relevan. 

Langkah-langkah kita mengintegrasikan materi perkuliahan dengan Aika yakni dengan: mengecek terlebih dahulu terjemahannya, untuk memastikan benar atau tidaknya ayat tersebut. Selanjutnya, lihat tafsirnya. Bisa dengan mengecek melalui Tafsir Kemenag, Tafsir Al Azhar, Tafsir Quraish Shihab, ataupun Tafsir Jalalain. Selain itu, dapat juga dilakukan dengan membuat sebuah “pilot” project, berdiskusi dengan dosen AIK dan bersama-sama membuat sebuah proyek terkait integrasi AIK dengan ilmu biologi. 

Jadi dengan menambahkan integrasi AIKA dengan RPS yang dirancang dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan dan memberikan pemahaman bahwa Islam dan Alquran itu dapat sejalan dengan ilmu pengetahuan.

Daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/ atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id ke menu “Beasiswa Mahasiswa” atau https://linktr.ee/uhamka . Bagi kalian yang ingin mengetahui seluruh program studi di FKIP Uhamka dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka https://pbio.uhamka.ac.id/ atau mengecek Program Studi Unggulan di FKIP Uhamka.

Bidang Akademik dan Kerjasama

FGD TIM TEACHING

Jakarta, 27 Januari 2022, Dilakansakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Mata Kuliah Tim Teaching Tahun Akademik 2022-2023