FKIP UHAMKA

Ramaikan Kuliah Gabungan, Kekeluargaan PBJ Uhamka Makin Kompak!

Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Uhamka selenggarakan Kuliah Gabungan dengan tema “Lampaui Tantangan Menuju Kebersamaan”. Program yang sudah berjalan sejak 2012 ini bertujuan untuk mengenalkan prodi Pendidikan Bahasa Jepang secara lebih dalam kepada mahasiswa baru serta untuk menjalin silaturahmi antara mahasiswa, alumni dan dosen. Sehingga hubungan kekeluarga selalu terjalin harmonis dan semakin erat.  

 

Pada tahun-tahun sebelumnya acara ini dilaksanakan di puncak selama 3 hari 2 malam, namun dikarenakan masih dalam situasi masa transisi dari pandemi covid-19, maka pada tahun ini acara kuliah gabungan dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting dan luring di Kampus B FKIP Uhamka.

 

Di hari pertama acara diawali dengan sambutan oleh Kaprodi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Uhamka Rita Agustina Karnawati, M.Pd sekaligus pengenalan dosen-dosen prodi PBJ kepada mahasiswa semester 1 yang mana belum mengenal secara menyeluruh dosen tetap prodi PBJ FKIP Uhamka (10/12). 

Kemudian acara diisi dengan pemaparan materi mengenai keprodian, administrasi kampus, materi seputar sosial budaya dan kompetensi diri. Ada juga pengenalan seputar kegiatan mahasiswa yang ada di PBJ seperti acara tahunan festival budaya Jepang (Harumatsuri) di mana seluruh mahasiswa dapat berpartisipasi dalam pelaksanaannya, kemudian workshop bahasa Jepang dan berbagai program beasiswa yang ditawarkan oleh prodi maupun universitas. 

Selain itu, ada sesi sharing motivasi yang disampaikan oleh alumni-alumni berprestasi yaitu Eztha dan Azza yang menceritakan tentang bagaimana kehidupan pada saat perkuliahan, keseruan mengikuti kegiatan kemahasiswaan serta bagaimana proses untuk bisa berkarir di dunia kerja sekarang. Selain itu, ada motivasi oleh Akbar Nadjar Hendra, M.Pd selaku dosen PBJ yang sedang melanjutkan studi S3 di York University, UK. 

Pada kesempatannya beliau menyampaikan bahwa dalam menuju sukses meraih mimpi ada banyak rintangan yang harus dilewati. Jika mengalami kegagalan jangan menyerah, terus berusaha dan belajar menjadi lebih baik hingga akhirnya setelah semua usaha kita lakukan, hal yang terakhir adalah menyerahkan segala keputusan kepada Allah SWT. 

Beliau mengatakan, “dalam surah Al-Insyirah, ayat ini kita selalu dikasih pelajaran yang penting, adalah ketika kita selesai pada sebuah urusan bersiap-siaplah untuk urusan berikutnya, ayat ini memberikan kita landasan sebagai muslim untuk memiliki sebuah etos kerja yang baik.”ujarnya

Daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/ atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id  ke menu “Beasiswa Mahasiswa” atau https://linktr.ee/uhamka. Bagi kalian yang ingin mengetahui seluruh program studi di FKIP Uhamka dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka atau langsung mengakses instagram Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang melalui akun @bahasajepanguhamka atau bisa klik https://www.instagram.com/bahasajepanguhamka/?hl=id.

Bidang Akademik dan Kerjasama

FGD TIM TEACHING

Jakarta, 27 Januari 2022, Dilakansakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Mata Kuliah Tim Teaching Tahun Akademik 2022-2023