FKIP UHAMKA

Semangat Mahasiswa Pekom dalam Melaksanakan KKN-Dik 2022

Jakarta, 12 Maret 2022 Pendidikan Ekonomi FKIP Uhamka menyelenggarakan diseminasi hasil adaptasi KKN-Dik tematik. Sobat Hamka, sudah tidak asing dengan istilah KKN kan? Ya, seperti yang kita ketahui KKN adalah Kuliah Kerja Nyata. Pada prodi Pendidikan Ekonomi KKN dikenal dengan nama Kuliah Kerja Lapangan (KKL). KKL adalah mata kuliah yang harus diambil oleh mahasiswa semester 8. Namun, karena, KKN-Dik ini dilaksanakan dengan menyesuaikan situasi dan kondisi di masa pandemic Covid-19, kegiatan tersebut boleh dilakukan secara daring maupun luring. Prodi Pendidikan Ekonomi telah menyediakan pilihan tema dan sub tema. Terdapat tiga opsi pilihan tema yaitu pendidikan dan ekonomi. Sedangkan untuk sub tema boleh memilih yang sudah disediakan atau mengembangkan sendiri sesuai kebutuhan masyarakat sekitar. 

Peserta  KKN-Dik tahun ini terbagi ke dalam 18 kelompok. Untuk memantau hasil dari kegiatan ini, terdapat 8 dosen prodi Pendidikan Ekonomi yang bertindak sebagai reviewer. Dosen tersebut terdiri dari, Dr. Hj. Onny Fitriana S., M.Pd, Trisni Handayani, M.Pd, Novie Kurniasih, M.Pd, Eka Nana S., M.Pd, Supendi, M.Pd,  Sugiono, M.Pd dan Camelia Safitri, M.Pd dan Bintang Cahya M.Hum. Tiap reviewer akan mereview hasil kerja dua kelompok untuk selanjutnya memberikan penilaian. Berikut list sub tema dari kelompok yang dilakukan: Pendampingan Belajar dari Rumah, Pendampingan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Pendampingan Baca Tulis Al-qur’an, dan Pendampingan persiapan UKK/LSP.

Dalam kegiatan desiminasi ini, setiap kelompok mempresentasikan video, hasil, maksud, tujuan, dan hasil ketercapaiannya dari kegiatan KKN-Dik. Kemudian, reviewer akan mengomentari hasilnya. Pelaksanaan KKN-Dik mengenai pendampingan pembelajaran tematik dilakukan berkelompok oleh mahasiswa Pendidikan Ekonomi, Kelompok 6 Intan Aulia dan Alifah Putri. Dalam implementasi Kegiatan KKN-Dik yang dilakukan oleh dua Mahasiswa yaitu Intan Aulia dan Alifah Putri membuat program kerja untuk pelaksanaan KKN-Dik Tematik. Pendampingan yang dilakukan yaitu pendampingan pekerjaan rumah (PR) dan Latihan Soal. Kegiatan serupa juga dijalani oleh Kelompok 14 yaitu, Lusiana dkk. Selama KKN mahasiswa mendampingi anak membaca iqro, membaca hadist dan menulis kata-kata dalam Bahasa Arab, mendampingi anak dalam belajar menulis huruf abjad dan hijaiyah, serta mengajarkan dan membimbing anak-anak dalam berwudhu.

Walaupun kita dihadapi dengan situasi pandemic covid-19, namun tidak menghalangi untuk tetap berkegiatan seperti KKN-Dik ini. Kakak-kakak semester 8 ini menyampaikan betapa menyenangkan melakukan kegiatan seperti ini. Mereka juga merasakan asyiknya menjadi pengajar di kalangan masyarakat sekitar. Adik-adik peserta bimbingan sangat antusias terhadap kegiatan ini. Rencana tindak lanjut yang akan mahasiswa lakukan ialah dengan memberikan pembelajaran kepada anak-anak tentang pemahaman pentingnya penggunaan hand sanitizer atau mencuci tangan serta membimbing anak-anak dalam membaca doa sehari-hari dan menulis huruf abjad dan hijaiyah.

Dengan adanya kegiatan KKN-Dik ini, diharapkan dapat melatih mahasiswa, khususnya mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP UHAMKA melatih kepekaan dan kepedulian mahasiswa untuk memahami kondisi masyarakat di sekitar tempat tinggal, melatih serta mengembangkan soft skill dan life skill mahasiswa. 

Daftarkan diri Anda segera mungkin untuk menjadi calon mahasiswa baru di Uhamka dengan penawaran program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/ atau https://linktr.ee/uhamka. Untuk dapat mengetahui seluruh program studi di Uhamka dan dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka. Untuk 12 Program Studi unggulan di FKIP Uhamka atau melalui https://linktr.ee/pbsiuhamka.

Bidang Akademik dan Kerjasama

KKNDik MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA DI FKIP UHAMKA

Jakarta, 30 Januari 2023, FKIP UHAMKA bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta, dalam kegiatan KKNdik Terintegrasi Luar Jateng dan DIY, adapun jumlah mahasiswa UMS yang datang ke FKIP UHAMKA berjumlah 79