FKIP UHAMKA

Semangat Mengaji di Bulan Suci Ramadhan

Salah satu kegiatan rutin program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Uhamka adalah Pengajian Dosen. Kegiatan ini dilakukan untuk menambah ilmu dan pengetahuan serta meningkatkan kefahaman para dosen tentang ilmu tajwid, sehingga diharapkan akan lebih baik dan benar dalam membaca Alqur’an. Kegiatan yang rutin diadakan setiap bulan ini terasa spesial pada bulan Mei kali ini,

karena bertepatan dengan bulan suci Ramadhan.

Meskipun pada masa pandemi, tidak menyurutkan niat para dosen untuk tetap mengadakan kegiatan Ngaji Pagi Bareng, dengan tema:

“Menyejukkan Hati dengan Membaca Kalam Ilahi”

Pada hari Selasa, 29 Mei 2020.

Pukul 05.00-06.00 WIB

 

Kegiatan ini beragendakan membaca surat An Nahl ayat 1 – 20. Dilanjut dengan pembacaan dan diskusi terjemahan. Surat An Nahl mengandung keterangan tentang sifat-sifat orang musyrikin, dan tingkah laku mereka, serta tantangan mereka terhadap kebenaran hari kiamat dan kerasulan Muhammad saw kemudian Allah SWT. menyebutkan peringatan-peringatan-Nya kepada mereka dan azab yang mereka alami sebagai akibat dari sifat perbuatan mereka itu. Dalam surat ini, Allah menunjukkan bukti-bukti ke Esaan-Nya seraya memaparkan nikmat-nikmat yang diberikan-Nya kepada hamba-hamba-Nya. Dan surat ini memuat juga hukum-hukum dan ajaran-ajaran tentang akhlak. Dalam surat An Nahl ini Allah menerangkan bermacam-macam nikmat-Nya, disamping itu Allah menerangkan, bahwa kebanyakan manusia tidak mensyukuri nikmat itu.

 

Setelah membaca surat An Nahl, dilanjut dengan diskusi dan tanya jawab tentang buah-buahan yang disebut dalam Alqur’an. Aneka buah ini  saja memiliki keistimewaan. Setidaknya ada enam jenis buah yang disebutkan dalam Alquran, beberapa buah ini juga disarankan untuk dikonsumsi.

Berikut ini beberapa buah yang disebutkan dalam Alquran beserta penjelasan khasiatnya :

Foto: winda.samantha

 

1.  Anggur

Dalam ilmu kesehatan, anggur memiliki banyak manfaat, seperti baik untuk penderita liver, ginjal dan sistem pencernaan. Anggur juga berkhasiat mengusir stres dan penat.

2.  Buah Tin

Buah tin termasuk salah satu superfood, buah ini memiliki serat yang tinggi, rendah kalori dan tidak mengandung lemak. Pada studi tahun 2005 disebutkan kalau buah tin yang rasanya manis renyah ini mengandung vitamin A, vitamin B kompleks dan vitamin C yang tinggi.  

3.  Buah Zaitun

Buah berbentuk bulat lonjong ini memiliki manfaat kesehatan yang sangat banyak kalau dikonsumsi. Selain baik untuk liver, zaitun juga membantu mengeluarkan racun dalam tubuh sehingga tubuh menjadi sehat.

4.  Buah Pisang

Buah pisang mengandung karbohidrat dan pottasium dalam jumlah cukup banyak. Selain cepat mengenyangkan, pisang juga biasa dikonsumsi untuk meredakan demam, melancarkan sistem pencernaan hingga mengobati kejang.

5.  Buah Delima

Buah delima mengandung zat gizi yang bisa menjaga kesehatan jantung, syaraf hingga mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

6.  Buah Kurma

Dalam sebutir kurma, 50 persennya adalah gula alami yang cepat dicerna menjadi energi. Inilah sebabnya saat berbuka puasa dianjurkan menyantap buah kurma. Buah kurma segar juga memberi manfaat yang besar untuk kecerdasan.

 

 

Bidang Akademik dan Kerjasama

Jakarta, 14 November 2022, Pimpinan FKIP UHAMKA bersama Ketua dan Sekretaris LPPM dan Lemlitbang UHAMKA, melaksanakan Koordinasi terkait Pengabdian dan Penelitian Dosen FKIP UHAMKA