FKIP UHAMKA

Semarak Idul adha, Qurban adalah Momentum untuk Keiklasan Kemanusiaan

Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA merupakan Program Studi Terakreditasi A di kampus Islami terbaik di Indonesia. Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA mencetak guru-guru professional, peneliti muda dan entrepreneur muda berbakat. Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA berlokasi strategis di jantung Ibukota yakni di Jl. Tanah Merdeka Ciracas Kampung Rambutan Jakarta Timur.

FKIP UHAMKA Rabu (6/7/22) mengadakan semarak Iduladha dengan mengusung tema  Qurban adalah Ibadah Untuk kemanusiaan. Qurban dalam Islam adalah binatang sembelihan seperti sapi, kerbau, domba, kambing dan unta. Materi ini disampaikan oleh Bapak Endang Mintarja Ketua Dewan Tarjih dan Tajdid PWM DKI Jakarta. Qurban merupakan momentum disaat kita dapat berbagi kepada sesama dan bukti cinta dan takwa kita kepada Allah. 

Dimana makna yang kita ambil disini adalah keikhlasan Nabi Ibrahim dalam mengorbankan Nabi Ismail atas perintah Allah. Nabi Ibrahim mengikhlaskan anak yang beliau sudah tunggu selama bertahun-tahun diminta oleh Allah, tetapi atas keikhlasan dan keridhaan nabi Ibrahim dan Nabi Ismail Allah pun mengganti nabi Ismail dengan kambing. 

Dari cerita diatas kita dapat petik hikmah bahwa Allah menilai kita dari keikhlasan, keridhaan dan ketulusan hati kita. Saat sekarang ini selama 2 tahun pandemic banyak dari saudara-saudara kita yang sangat kekurangan dan terkadang banyak yang tidak sanggup untuk membeli daging sapi, kambing maupun domba. Dengan adanya Hari raya Idul Adha membuat semua manusia dapat merasakan makan daging dengan nikmat.

Makna lain dari berqurban adalah kita bisa berqurban dengan segala hal tidak hanya uang saja, waktu dan tenaga pun dapat kita kurbankan untuk dapat membantu umat, tutur Endang. Allah SWT telah mensyariatkan kurban dengan firman-Nya, “Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membencimu dialah yang terputus.” (Al-Kautsar: 1 — 3).

 

Daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. Silahkan mengecek Program Studi Pendidikan Biologi Unggulan di FKIP Uhamka https://pbio.uhamka.ac.id/ atau di Instagram https://www.instagram.com/biohamka/. Atau +62881-0241-37317. Ada banyak potensi beasiswa dikampus FKIP UHAMKA seperti beasiswa berprestasi, beasiswa KIP, KJP, Beasisswa Cerdas, Beasisswa Merdeka dan banyak beasisswa menarik lainnya. 

Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/   atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id  ke menu “Beasiswa Mahasiswa”, https://bit.ly/FKIPUhamka atau https://linktr.ee/uhamka. Bagi kalian yang ingin mengetahui seluruh program studi di FKIP Uhamka dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka

Penulis: HNY

Editor: AL

Bidang Akademik dan Kerjasama

FGD TIM TEACHING

Jakarta, 27 Januari 2022, Dilakansakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Mata Kuliah Tim Teaching Tahun Akademik 2022-2023