Seminar Nasional oleh Hima Pendidikan Ekonomi: Inovasi Gen Z dalam Menyongsong Era 5.0

Pada Selasa 28 Desember 2021 telah terselenggara dengan sukses sebuah kegiatan dari Himpunan Mahasiswa (Hima) prodi Pendidikan Ekonomi. Hima Pekom mengadakan acara seminar bertaraf nasional dengan tema utama yaitu inovasi gen Z dalam menyongsong era 5.0.  Tema ini menjadi sangat erat kaitannya dengan kehidupan saat ini guna mempersiapkan kualitas diri dan faktor lainnya untuk menghadapi tantangan-tantangan baru di Era 5.0 yang akan segera datang. Acara ini juga dilaksanakan secara parallel dengan Call for Paper yang dibuka secara umum untuk sivitas akademik di Indonesia. Dari Call for Paper tersebut telah terkumpul 98 artikel ilmiah dari berbagai daerah di Indonesia. Acara ini berlangsung secara daring via zoom meeting dan live melalui kanal YouTube FKIP Uhamka. Terdapat 200 peserta seminar dari PTS, PTM, dan PTN dalam 14 provinsi di Indonesia.

Acara pertama sekaligus membuka kegiatan adalah sambutan-sambutan secara berurutan dari ketua Hima Pekom M. Rivaldy Djunor, Kaprodi Pekom Ibu Dr. Onny Fitriana S., M.pd. dan Wakil Dekan 3 Bapak Hari Naredi. Selanjutnya, Keynote Speech yang disampaikan oleh Dekan FKIP Uhamka Bapak Dr. Desvian Bandarsyah, M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa pada isu gen Z saat ini adalah mereka yang besar dan tumbuh dengan paparan teknologi yang sangat cepat, oleh karenanya gen Z ini juga disebut sebagai generasi digital. Proses perubahan tatanan dunia baru atau era 5.0 yang akan dating terdapat beberapa hal yang saat ini perlu kita persiapkan, untuk itu diperlukan strategi dan kesiapan bagi generasi saat ini dalam persaingan global yang semakin kompleks.

Sub tema dalam seminar ini diantaranya, inovasi pendidikan, ekonomi digital, kewirausahaan, dan literasi gender. Acara utama yaitu seminar nasional disajikan dalam tiga narasumber yang luar biasa dari berbagai universitas, dengan moderator yaitu Sherly Oktavia sebagai ketua pelaksana seminar nasional dari prodi Pekom FKIP Uhamka. Narasumber yang menyampaikan paparannya yaitu M. Faiz Fajrrahman (Kabid Pendidikan IMAPESI) dari Uhamka, Muslimah dari Universitas Lambung Mangkurat, dan Dwi Wahyuni (Sekretaris Umum IMAPESI) dari Universitas Lampung. Berbagai ide, karya, dan inovasi pembelajaran di masa pandemi covid-19 disajikan oleh para narasumber tersebut. Setelah berakhir sesi Tanya-jawab, berakhir pula acara seminar nasional ini. Para peserta Call for Paper kemudian memasuki breakout room untuk sesi coaching.

Kegiatan Hima Pekom ini merupakan tradisi akademik yang positif sebagai bentuk aktualisasi dalam bidang keilmuan sehingga diharapkan dapat memberikan inspirasi dan wawasan yang bermanfaat bagi sivitas akademik maupun khalayak umum. Daftarkan diri sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA dengan penawaran program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/ atau https://linktr.ee/uhamka. Follow instagram dan dapatkan informasi  seputar kegiatan prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Uhamka pada link https://www.instagram.com/pendidikanekonomi_uhamka. Untuk dapat mengetahui seluruh program studi di Uhamka dan dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka.