FKIP UHAMKA

SEMINAR NASIONAL WAJAH BARU PAUD DI INDONESIA PASCA PANDEMI COVID-19 (SINERGI SEKOLAH & KELUARGA)

Awal tahun 2020, dunia digemparkan dengan adanya pandemi virus Covid-19, tak terkecuali di Indonesia. Semakin hari virus semakin cepat untuk menyebar di berbagai wilayah di Indonesia. Akibatnya, berbagai kebijakan pun diterapkan guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Indonesia. Upaya pemerintah adalah dilakukannya himbauan agar masyarakat menjauhi keramaian dengan melakukan social distancing, menerapkan kebijakan Work From Home (WFM), menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan penutupan sejumlah fasilitas dan layanan masyarakat.

Salah satu layanan masyarakat yang terkena dampak penutupan adalah sekolah, dimana mulai dari jenjang pendidikan anak usia dini sampai dengan perguruan tinggi. Sekolah yang merupakan tempat murid melakukan pembelajaran kemudian dialihfungsikan menjadi pembelajaran dilakukan dirumah dengan sistem online atau daring. Tak terkecuali pada pendidikan anak usia dini di Indonesia, perlu adanya sinergi dan kerjasama antara pihak sekolah dengan keluarga guna mendukung anak dalam melakukan pembelajaran dirumah. Hal ini sejalan dengan tema webinar yang diselenggarakan oleh Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) FKIP UHAMKA.

Pada Sabtu 16 Mei 2020 pukul 08.30 s.d 12.00 WIB, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) FKIP UHAMKA mengadakan Webinar Nasional. Tema yang diangkat adalah “Wajah Baru PAUD di Indonesia Pacra Pandemi Covid-19 (Sinergi Sekolah & Keluarga). Webinar ini dilakukan melalui aplikasi Zoom Meeting dan siaran langsung pada Youtube.

Narasumber yang dihadirkan merupakan praktisi PAUD dan ahli dalam bidangnya yaitu:

  1. Muhammad Hasbi, M. Pd merupakan Direktur PAUD Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Ida S. Widayanti, M. Pd. I merupakan Penulis Buku Best Seller Parenting.
  3. Lenny N. Rosallin, M. Sc., M. Fin merupakan Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
  4. Dr. Chandrawaty, M. Pd merupakan PPA Majelis Dikdasmen (Wakil Ketua) serta Dosen PG PAUD FKIP UHAMKA.
  5. Keynote Speaker, Dr. Desvian Bandarsyah, M. Pd merupakan Dekan FKIP UHAMKA.

Kegiatan ini dipandu oleh Pembawa acara Khusniyati Masykuroh, M. Pd yang merupakan dosen PG PAUD FKIP UHAMKA dan dipandu oleh Moderator Amelia Vinayastri, S. Psi., M. Pd yang merupakan Ketua Program Studi PG PAUD FKIP UHAMKA. Para peserta yang mengikuti memiliki antusiasme yang tinggi dilihat dari jumlah peserta yang sangat luar biasa dengan 200 peserta Zoom meeting dan 30 peserta di siaran langsung youtube. Peserta yang memiliki cakupan seluruh Indonesia, mulai dari Jakarta, Cirebon, Manado, Papua, Sumatra Selatan, Riau, Palu, Kalimantan Selatan, Makassar, Bali, Balikpapan.

Berbagai informasi dari beberapa narasumber menjadikan isu terkini sebagai pembahasan yang menarik di era pandemi Covid-19. Pembahasan yang disampaikan mulai dari arah & kebijakan pemerintah untuk menyiapkan PAUD dalam menghadapi pendidikan di era digital yang merupakan refleksi dari pandemi Covid-19. Kemudian berkah di balik pandemi Covid-19 bagi pendidikan dan keluarga, hak anak untuk bahagia selama pandemi Covid-19 serta transformasi pengelolaan lembaga PAUD dalam mengimplementasikan penggunaan teknologi digital di PAUD.

Dengan adanya webinar ini semoga menjadikan peserta yang mengikuti dapat mengambil sisi positif dan hikmah dibalik pandemi Covid-19 .

Bidang Akademik dan Kerjasama

KKNDik MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA DI FKIP UHAMKA

Jakarta, 30 Januari 2023, FKIP UHAMKA bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta, dalam kegiatan KKNdik Terintegrasi Luar Jateng dan DIY, adapun jumlah mahasiswa UMS yang datang ke FKIP UHAMKA berjumlah 79