FKIP UHAMKA

Seminar Online Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini Melalui Tari & Lomba Tari Kreasi Untuk Anak Usia Dini

Menari adalah salah satu bentuk kegiatan seni, memiliki keragaman jenis, namun tidak semua kegiatan menari sesuai untuk anak usia dini. Gerakan tari pada anak usia dini umumnya bersifat pengulangan dari 5-6 gerakan, dengan ditambah formasi yang sederhana. Memaksakan atau menekan anak untuk menunjukkan suatu gerakan tari, terlebih harus sempurna, hanya akan membuat kondisi anak menjadi semakin buruk dan tidak mengembangkan karakter dan kreativitas anak.

Galeri lainya

Pengembangan karakter anak usia dini melalui tari menstimulasi berbagai aspek seperti perkembangan kognitif, sosial, emosi, motorik, bahasa dan kemandirian. Pengembangan karakter melalui alternatif tari ini bisa dilakukan dengan salah satu jenis tari, yaitu menggunakan tari kreasi untuk anak usia dini.

Sesuai dengan hal ini, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (HIMA PAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA) mengadakan suatu online dan lomba tari bagi anak usia dini. HIMA PAUD FKIP UHAMKA mengadakan seminar online yang mengangkat tema “Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini Melalui Tari” dan kemudian dilanjutkan dengan Lomba tari kreasi untuk anak usia dini sebagai bentuk follow up dari acara seminar ini.

Seminar online diadakan pada Rabu 20 mei 2020 pukul 10.00-11.30 WIB dengan menggunakan aplikasi Whatsapp Group dengan jumlah peserta seminar mencapai 269 peserta. Seminar dibuka oleh Host yaitu E. Khoirunnisa dengan moderator Rahayu Hamidah yang keduanya merupakan Anggota Hima PAUD FKIP UHAMKA. Kemudian terdapat sambutan yang dilakukan oleh KAPRODI PG PAUD FKIP UHAMKA yaitu Ibunda Amelia Vinayastri, S. Psi. M. Pd dan Ibunda Susianty Selaras Ndari., M. Pd selaku dosen pembimbing HIMA PAUD. Narasumber yang hadir adalah Dr. Diyah Andika Sari M. Pd selaku Dosen PG PAUD UMJ (Instruktur/ Trainer). Ibu Diyah menyampaikan bahwa tari merupakan salah satu alternatif pembelajaran dalam upaya mengembangkan karakteristik bagi anak usia dini. Setelah pemaparan materi yang luar biasa dari Ibu Diyah, dilanjutkan dengan penyampaian berita follow up seminar berupa diadakannya lomba tari kreasi.

Lomba tari kreasi untuk anak usia dini diadakan pada 20 mei sampai dengan 15 juli 2020, dengan juri Ibunda Lenny Amanda, S. Pd., Gr selaku Dosen PG PAUD FKIP UHAMKA. Lomba tari kreasi diikuti oleh 29 peserta dimana terdapat 3 juara berdasarkan pertimbangan juri dan 1 juara favorit diambil dari banyaknya like yang dihitung melalui laman instagram resmi PG PAUD FKIP UHAMKA, yaitu @uhamka_pgpaud.

Gambar para pemenang dalam lomba tari kreasi untuk anak usia dini.

 

Seminar pendidikan ini diharapkan menjadi referensi bagi para peserta untuk terus memperkenalkan tari untuk anak usia dini sehingga anak dapat mengoptimalkan perkembangan karakternya, serta mengoptimalkan ikhtiar dalam melestarikan dan memperkenalkan tari kreasi untuk anak usia dini tesebut.

 

Kuliah? UHAMKA aja, tinggal klik tinggal klik uhamka.ac.id/reg dari rumah.

Bidang Akademik dan Kerjasama

KKNDik MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA DI FKIP UHAMKA

Jakarta, 30 Januari 2023, FKIP UHAMKA bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta, dalam kegiatan KKNdik Terintegrasi Luar Jateng dan DIY, adapun jumlah mahasiswa UMS yang datang ke FKIP UHAMKA berjumlah 79