FKIP UHAMKA

Seminar Pendidikan Homeschooling & Kemandirian Anak

Homeschooling adalah sebuah keluarga yang memilih untuk bertanggung jawab sendiri atas pendidikan anak-anak dan mendidik anaknya dengan berbasis rumah. Dalam Pendidikan homeschooling, anak yang akan menentukan mata pelajaran apa yang nantinya dipelajari. Dengan demikian, anak secara tidak langsung diajarkan dan dilatih untuk mandiri dan bertanggung jawab.

Selaras dengan adanya homeschooling untuk melatih kemandirian anak, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka mengadakan Webinar dengan mengangkat tema Homeschooling & Kemandirian Anak. Webinar ini dilakukan pada Sabtu 13 Juni 2020 pukul 09.00 s.d 11.30 WIB. Webinar ini dilakukan melalui aplikasi Zoom Meeting dan siaran langsung pada Youtube. Para peserta yang mengikuti memiliki antusiasme yang tinggi dengan jumlah peserta 80 peserta.

Salah satu narasumber seminar,  Ketua Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) FKIP UHAMKA yaitu Ibu Amelia Vinayastri, S. Psi., M. Pd.,  menjelaskan pentingnya Pendidikan Keluarga dan Kemandirian pada diri anak, karena pada dasarnya kemandirian anak terbentuk sejak usia dini, dan peletakan utamanya ada pada keluarga. Sehingga dalam hal ini, Pendidikan keluarga dinilai sangat penting dalam upaya memandirikan anak, terutama pada anak usia dini, apalagi keluarga merupakan pondasi utama anak dalam menerima suatu pendidikan. Pendidikan Keluarga serta Keterlibatan Keluarga dan Masyarakat dalam Pendidikan merupakan mata kuliah unggulan di Program Studi PG PAUD FKIP UHAMKA, yang sangat mendukung upaya membangun kemandirian anak dalam keluarga. Melalui Webinar Pendidikan “Homeschooling dan Kemandirian Anak” ini, semoga menjadikan peserta yang mengikuti dapat mengambil sisi positif dan manfaat dari materi-materi yang telah disampaikan oleh narasumber.

Bidang Akademik dan Kerjasama

Jakarta, 14 November 2022, Pimpinan FKIP UHAMKA bersama Ketua dan Sekretaris LPPM dan Lemlitbang UHAMKA, melaksanakan Koordinasi terkait Pengabdian dan Penelitian Dosen FKIP UHAMKA