FKIP UHAMKA

Sharing Knowledge: Tips and Trik Jago Public Speaking

Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA melalui ruang virtual zoom mengadakan acara Kuliah Gabungan yang bertemakan Lampaui Tantangan Menuju Kebersamaan pada Jumat, 10 Desember 2021. Acara ini merupakan ajang silaturahmi antara mahasiswa, alumni dan dosen prodi Pendidikan Bahasa Jepang. Selain sesi sharing atau pengenalan tentang keprodian, dalam kegiatan kulgab ini ada juga sesi pemaparan materi oleh mahasiswa dan dosen dari prodi Pendidikan Bahasa Jepang Uhamka. Salah satu materi yang menarik adalah Public Speaking yang dibawakan oleh Berliana Fajrin.

Berliana Fajrin atau kerap disapa Berlin Senpai merupakan mahasiswa semester 7 prodi Pendidikan Bahasa Jepang Uhamka angkatan 2018. Selama kuliah Berlin Senpai aktif mengikuti kegiatan kemahasiswaan seperti Himpunan mahasiswa dan Harumatsuri. 

Dengan keikutsertaannya di berbagai kegiatan, Berlin Senpai mendapat tawaran untuk menjadi Master of Ceremony pada acara webinar yang diselenggarakan oleh Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Kemenpora RI pada tahun 2020 lalu. Selain itu, Ia juga mendapat tawaran untuk memandu acara yang diselenggarakan oleh Museum Olahraga Nasional. 

Dan pada kesempatan kali ini, di acara kuliah gabungan 2021 Berlin Senpai dapat membagikan ilmu dan pengalamannya yang luar biasa selama menjadi MC kepada adik-adik mahasiswa baru prodi Pendidikan Bahasa Jepang Uhamka.

Menurut Berlin, untuk menjadi public speaker yang handal perlu dibekali dengan pemahaman tentang 3K yaitu, know the material, know the room, dan know the audience.Dengan memahami ketiga hal ini tentu akan sangat membantu kita ketika berbicara di depan umum. Kita bisa memposisikan diri kita sesuai dengan tempat dan waktunya, jadi jangan sampai acaranya formal tapi gaya kita santai atau sebaliknya.” ujarnya.

Tujuan dari penyampaian materi ini agar mahasiswa dapat menggali potensi atau bakat mereka untuk mampu berbicara di depan umum. Karena banyak dari kita yang merasa grogi atau kurang pede ketika tampil di depan orang banyak, baik ketika ditunjuk menjadi MC, moderator, memberikan laporan acara atau hanya sekedar presentasi di depan kelas. Nah, dengan adanya materi ini diharapkan kedepannya mahasiswa dapat lebih percaya diri dan tahu tips and trick untuk mampu menarik perhatian audiens ketika menjadi seorang public speaker.

Berlin menambahkan, “sebagai MC kita harus menyiapkan penampilan kita dengan matang ya, penguasaan materi, latihan pernapasan, teknik vokal juga harus diperhatikan intonasi dan artikulasinya, kemudian ekspresi wajah, bahasa tubuh dan jangan lupa untuk senyum, sehingga bisa menciptakan smiling voice.” ungkap Berlin

Daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/ atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id  ke menu “Beasiswa Mahasiswa” atau https://linktr.ee/uhamka. Bagi kalian yang ingin mengetahui seluruh program studi di FKIP Uhamka dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka atau langsung mengakses instagram Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang melalui akun @bahasajepanguhamka atau bisa klik https://www.instagram.com/bahasajepanguhamka/?hl=id.

Bidang Akademik dan Kerjasama

FGD TIM TEACHING

Jakarta, 27 Januari 2022, Dilakansakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Mata Kuliah Tim Teaching Tahun Akademik 2022-2023