FKIP UHAMKA

Talkshow Motivasi: Kuliah atau Kerja

Di masa peralihan setelah lulus dari jenjang pendidikan menengah atas, para lulusan biasanya mengalami kegalauan tentang perjalanan hidup selanjutnya. Akankah kita melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi atau ingin langsung meniti karir? Program studi Pendidikan Ekonomi FKIP UHAMKA ingin menjawab keresahan dan kegalauan para adik-adik lulusan SMA/SMK dan memberikan inspirasi untuk menentukan turning point masa depan mereka.

Talkshow dilaksanakan pada Sabtu, 19 Juni 2021 via zoom meeting ini terbuka untuk semua pelajar dan dipandu oleh moderator Bapak Sugiono selaku Dosen Pekom Uhamka dan narasumber oleh Ibu Eka Nana Susanti selaku Dosen Pekom Uhamka serta Bapak Namin AB Ibnu Solihin selaku dosen FKIP Uhamka sekaligus founder motivatorpendidikan.com. Acara ini sukses dihadiri oleh pelajar dari berbagai daerah mulai dari Jakarta, Depok, Bekasi, Karawang, Jombang, Tebet, Padang, dan lain-lain.

 

Acara dikemas dengan santai namun tetap fokus pada tema utama, yaitu menjawab pertanyaan kuliah atau kerja. Untuk memutuskan pilihan tersebut, tentunya kita perlu pikirkan secara matang-matang langkah yang akan kita ambil. Ketika kita memiliki pilihan tersebut, langkah awal adalah temukan tujuan dan passion dalam diri sendiri. Para narasumber saling berbagi pengalaman dengan peserta talkshow. Ibu Eka Nana mengatakan bahwa yang paling utama setelah memutuskan salah satu pilihan, kita tidak boleh menyesalinya. Baik kuliah atau kerja mempunyai nilai positif.

Antusiasme adik-adik ketika bertanya sampai bercerita mengenai kegalauannya membuat suasana talkshow semakin seru. Kuliah tidak hanya dalam batas lingkup mengenai pendidikan atau pelajaran seperti di sekolah. Selain menambah ilmu pengetahuan, tetapi kuliah juga dapat menambah koneksi, meningkatkan kualitas hidup, pola pikir, juga dengan mengikuti organisasi di kampus dapat mengembangkan soft skills, seperti jiwa kepemimpinan, public speaking, communication skills, membuat design, dan lain-lain. Adapun kegiatan di luar kampus yang dicanangkan dengan program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), dimana mahasiswa akan menjalankan kegiatan sesuai passion yang dimiliki.

Dalam memilih program studi, kita harus mengetahui passion yang ada dalam diri kita. Peserta bernama Andy dan Nadira memiliki passion dalam bidang Ekonomi. Di dalam prodi Pendidikan Ekonomi kita dapat menekuni bidang pendidikan dan juga sekaligus ekonomi. Pada bidang pendidikan, kita akan siap menjadi seorang guru dengan bekal berbagai mata kuliah penunjang pendidikan dan keguruan. Sedangkan dalam bidang ekonomi, kita juga dibekali berbagai mata kuliah contohnya kewirausahaan sehingga kita tak hanya siap menjadi seorang guru, kita juga bisa menjadi profil lulusan non-guru seperti seorang manajer, entrepreneur, pengusaha, dan lain-lain.

Akhir kata, para narasumber menyampaikan kepada adik-adik untuk tetap semangat dan tidak pernah berhenti belajar. Tentukan tujuan, passion, dan motivasi untuk masa depan kalian. Semua bisa sukses jika kita fokus pada tujuan tersebut dan berkomitmen terus untuk kehidupan yang lebih baik.

Bidang Akademik dan Kerjasama

Jakarta, 14 November 2022, Pimpinan FKIP UHAMKA bersama Ketua dan Sekretaris LPPM dan Lemlitbang UHAMKA, melaksanakan Koordinasi terkait Pengabdian dan Penelitian Dosen FKIP UHAMKA