FKIP UHAMKA

Tingkatkan Kreativititas Guru, FKIP UHAMKA Gelar Lomba Media Pembelajaran Daring Berbasis Poster dan Permainan

Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan untuk berinteraksi antara guru dan peserta didik dalam proses belajar. Media pembelajaran berperan untuk memperjelas makna pesan yang disampaikan sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai. Apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19 yang mengakibatkan pembelajaran harus dilaksanakan dalam jarak jauh secara daring. Guru dituntut untuk kreatif dalam menyiapkan media pembelajaran yang menarik peserta didik, sehingga meskipun pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka namun tujuan pembelajaran tetap dapat dicapai. Untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas guru, maka Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA menggelar Lomba  Media Pembelajaran Daring Berbasis Poster Materi Kelas XII dan Berbasis Permainan (Games ).

Lomba diikuti oleh para guru dan kepala sekolah SMA, MA, dan SMK dari Jakarta, Bandung, Tangerang, Bekasi, Pekanbaru, Boyolali, Gowa, Kapuas, Makasar, dan Surabaya. Inovasi dan kreativitas ditunjukkan melalui poster  tiga dimensi materi kelas XII dan media pembelajaran berbasis permainan yang dikirimkan para peserta lomba. Panitia menyiapkan hadiah senilai total Rp 12,6 juta yang diberikan kepada juara 1,2,3 dan beberapa pilihan hasil karya favorit.

Setelah melalui seleksi dan  penilaian tim juri, maka diumumkan bahwa pemenang Lomba Pembuatan Media Berbasis Permainan adalah Juara 1 Mohamad Nur Ramadhan (MA Al-Khairiyah) dengan media Question Bomb Challenge; Juara 2 Ratna Sriningsih (MAN Kapuas) dengan media Modifikasi Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran Matematika; dan Hajjar Ekasari (SMA Muhammadiyah Surabaya) dengan media Game Edukasi Pemahaman Aturan Pencacahan; dan Juara Favorit Yasmitasari (SMAN 112 Jakarta). Sedangkan pemenang Lomba Poster Media Pembelajaran adalah Juara 1 Nada Aprianita, S.Pd (SMA Uswatun Hasanah); Juara 2 Barkah Hidayah, S. Pd (MAN 2 Jakarta); Juara 3 Dra. Diah Lestariningtyas  (SMA Dharma Putra Advent Bekasi); dan 12 Juara Favorit terdiri dari Agus Rifdhatul Anam, M.Pd (SMK Internasional); Arma Noviyanti, M.Pd (SMA Babussalam PekanBaru Riau); Mohammad Nur Ramadhan, S. Pd (MA Al-Khairiyah); Ahmad Setiawan, S.Sn. (MA Muhammadiyah Bandung); Fitri Ananda, S. Pd (SMAN 2 Boyolali); Anita Fatmawati, M.Pd (MAN 2 Jakarta); Siti Sa’aidah, S. Si (MAN 17 Jakarta); Muhamad Ali Muhdi, S. Pd (SMA Mandiri Balaraja); Andri Adi Mustika, M.Pd (MAN Insan Cendekia Gowa); Yusminiwati, M.Pd. (SMA Islam Athirah); Ajeng Permata Suri, S. Kom (SMK Ipteks Tangsel); dan Muhammad Buyana S.Pd.,M.Pd (Sekolah Islam Athirah).

Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA memberikan layanan pendidikan S1 melalui 12 program studi yang  terdiri dari Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Anak Usia Dini, Bimbingan dan Konseling, Matematika,  Fisika, Biologi, Sejarah, Ekonomi, dan Geografi, senantiasa terdepan dalam kreativitas dan  inovasi pembelajaran.

Bidang Akademik dan Kerjasama

Jakarta, 14 November 2022, Pimpinan FKIP UHAMKA bersama Ketua dan Sekretaris LPPM dan Lemlitbang UHAMKA, melaksanakan Koordinasi terkait Pengabdian dan Penelitian Dosen FKIP UHAMKA