FKIP UHAMKA

Tips Memilih Program Studi Kuliah

Setelah mengakhiri masa sekolah, tentunya kita menghadapi pilihan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi.  Berbagai alternatif pilihan yang tersedia, dapat membuat kebimbangan tersendiri untuk memilih yang terbaik. Tentu saja ini bukan perkara yang mudah dan dianggap remeh. Banyak mahasiswa yang merasa salah jurusan dan bahkan ada yang berhenti di tengah jalan. Untuk menghindari hal demikian, perlu dilakukan proses seleksi secermat mungkin agar perencanaan pada pendidikan di perguruan tinggi tidak salah pilih apalagi menyesal di kemudian hari. Program studi merupakan langkah awal kita untuk bisa melangkah kedepan. Dengan memilih program studi yang tepat, maka akan membantu diri kita dalam mengembangkan potensi yang kita miliki. Berikut beberapa tips yang dapat menjadi pertimbangan kamu dalam memilih program studi :

  1. Reputasi dan akreditasi prodi, Reputasi dan akreditasi yang baik akan menunjukkan bahwa perguruan tinggi tersebut memiliki keunggulan dan dapat memperkuat kepercayaan publik.
  2. Sesuaikan dengan minat dan passion, Memilih program studi sesuai dengan passion yang kita miliki dapat membantu kelancaran perkuliahan kita dan kita pun berjalan dengan menikmatinya. Tentukanlah minat dan passion yang kamu sukai dengan cara melakukan hobi apa yang kita sukai dan potensi/bakat apa yang kita miliki.
  3. Cita-cita yang ingin diraih, Selain minat dan passion, cita-cita yang ingin kita capai juga dapat menjadi cara untuk memilih program studi mana yang cocok untuk menggapai impian masa depan.
  4. Prospek kerja lulusan prodi, Melihat prospek kerja dari lulusan program studi mampu memantapkan program studi yang akan kita pilih, apalagi jika prospeknya searah dengan tujuan kita untuk masa depan.
  5. Fasilitas program studi, Fasilitas-fasilitas yang tersedia seperti ruang belajar, perpustakaan, pembimbing akademik, dan lain-lain dapat meningkatkan kualitas belajar. Oleh karena itu, fasilitas dapat menjadi pertimbangan. Dengan fasilitas yang memadai, kelancaran dalam belajar dapat terwujud dan semakin mempermudah kegiatan belajar.
  6. Konsultasi ke orang yang berpengalaman, Jangan malu untuk bertanya. Dengan bertanya atau bercerita dengan orang sekitar, kita dapat membuka pandangan baru dan memperoleh pencerahan atas kebimbingan yang kita alami. Kamu bisa berkonsultasi dengan keluarga, guru, kakak kelas, alumni ataupun yang lain. Melalui banyak sharing, dapat meningkatkan kepercayaan kamu dalam memilih.

Robiatul seorang mahasiswi pendidikan ekonomi, dahulu mengalami kegalauan dalam memilih program studi. Setelah lulus dari SMK, ia melakukan eksplorasi dengan mencari tahu perguruan tinggi dan program studi yang tepat untuknya. Setelah berbagai pertimbangan yang ia pikirkan, akhirnya ia memilih prodi Pendidikan Ekonomi di Uhamka. Dengan alasan Uhamka dan Pendidikan Ekonomi sudah memiliki reputasi yang baik dan berakreditasi A. Fasilitas penunjang dalam kampus pun memadai. Tak hanya itu, pendidikan ekonomi juga sesuai dengan passion yang dimiliki dan prospek lulusan kerja yang tak hanya menjadi guru saja, tetapi bisa juga menjadi seorang manajer maupun entrepreneur. Selain itu, Uhamka juga perguruan tinggi yang menjunjung nilai-nilai keIslaman, sehingga kualitas keagamaan tetap tertanam dan tidak tergerus oleh perkembangan zaman.

Itulah beberapa tips untuk memilih program studi. Jika kamu sudah yakin dengan pilihan mu, maka langkah selanjutnya adalah persiapkan diri sebaik mungkin untuk pendaftaran. Mulailah dengan belajar materi-materi yang akan diujikan pada saat tes seleksi masuk perguruan tinggi nanti. Kemudian, jangan lupa untuk mengurus nilai-nilai pada saat di sekolah, mengumpulkan sertifikat-sertifikat pendukung, dan selalu menjaga kesehatan. Teruslah berusaha dan jangan muda menyerah.

Bidang Akademik dan Kerjasama

KKNDik MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA DI FKIP UHAMKA

Jakarta, 30 Januari 2023, FKIP UHAMKA bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta, dalam kegiatan KKNdik Terintegrasi Luar Jateng dan DIY, adapun jumlah mahasiswa UMS yang datang ke FKIP UHAMKA berjumlah 79