UHAMKA IKUTI PROGRAM STUDENT MOBILITY DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MAHASISWANYA DENGAN UNIVERSITI UTARA MALAYSIA

Jakarta, 18 Oktober 2021 – Enam belas mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka dikirim untuk mengikuti program Student Mobility dalam pengupayaan meningkatkan kualitas diri bagi para mahasiswanya. Hal ini diresmikan pada 18 Oktober 2021 dalam ruang meeting Virtual yang dihadiri oleh masing-masing universitas yang ikut berpartisipasi dalam program Student Mobility tersebut, diantaranya Universiti Utara Malaysia (UUM), Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Unsida), dan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama).

Program Student Mobility merupakan program yang dirancang dalam pengupayaan masing-masing Universitas untuk mengembangkan potensi mahasiswanya melalui pertukaran pelajar. Hal ini diharapkan selain mampu mengembangkan mahasiswanya juga meningkatkan kerja sama antara kampus baik itu dalam hal riset dan pengembangan ilmu pendidikan. Dekan FKIP Uhamka yakni Dr. Desvian Bandarsyah, M.Pd mengutarakan bahwa program ini merupakan sebuah pintu untuk meraih mimpi-mimpi para mahasiswa dimasa depan dan memajukan dirinya sendiri, keluarga, bangsa dan negaranya. Keenam belas mahasiswa dari FKIP Universitas Muhamadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) akan berproses dan mengemban ilmu di Universiti Utara Malaysia (UUM).

“ Pusat Pengajian Pendidikan UUM dan FKIP Uhamka adalah pencetus hubungan yang baik dalam membina hubungan negara antara Malaysia dan Indonesia melalui program pertukaran mahasiswa.” ucap langsung oleh Dekan Pusat Pengajian Pendidikan Universiti Utara Malaysia, Yahya Bin Don. UUM merupakan kampus besar yang memiliki kualitas pembelajaran yang baik serta sumber pengetahuan yang mumpuni sehingga Dekan FKIP Uhamka berpesan untuk manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya program ini dalam menembangkan diri dan menjadi manusia yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Salah satu perwakilan Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling FKIP Uhamka yang mengikuti program ini, Dinsya Arifa menyampaikan bahwa mereka akan mengoptimalkan dan memperluas hazanah pendidikan serta memperluas networking dengan memanfaatkan program yang sudah dibuat oleh pihak kampus dan jajarannya. Sehingga kemudian program ini terus berlanjut dan dapat mengembangkan program-program lain secara meluas.

Program kerja sama ini akan terus dilanjutkan dan dikembangkan secara meluas agar mahasiswa dapat terus berkembang biarpun dalam kondisi yang belum dikatakan baik seperti sekarang ini, mengingat dampak dari pandemic Covid-19 masih terasa sampai saat ini. Menciptakan pendidikan yang beragam dan berkualitas untuk bangsa merupakan hal yag selalu diupayakan pihak kampus terutama Uhamka dalam mengembangkan mahasiswanya untuk mempelajari dan menemukan pengalaman-pengalaman baik yang dapat bermanfaat bagi dirinya, sehingga dapat disebarkan untuk masyarakat luas.