FKIP UHAMKA

Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini dalam Menghadapi Tantangan di Era Disrupsi

Seperti yang sudah diketahui, saat ini kita hidup pada zaman dimana semua serba teknologi. Dunia sudah semakin canggih akan perkembangan teknologi dan kini semuanya serba mudah untuk saling terhubung antara satu dengan yang lainnya. Gadget  dan internet menjadi bagian yang tak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-hari, terutama di Indonesia.

Masyarakat Indonesia berbondong-bondong mulai melakukan berbagai aktivitas sehari-hari secara digital, seperti pembelajaran, pekerjaan kantor, berbelanja dan aktivitas lainnya yang bisa dilakukan secara online.

Selain itu, pesatnya perkembangan dunia teknologi di Indonesia memberikan tantangan dalam pendidikan anak pada era disrupsi. Anak-anak perlu diarahkan dan diajarkan untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi namun bersifat bijak dan kreatif dalam penggunaannya. Sikap inilah yang perlu dibangun sejak dini baik oleh instansi pendidikan maupun oleh keluarga.

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA bersama dengan Majelis Dikdasmen PP Aisyiyah menjawab semua pertanyaan umum mengenai era disrupsi dengan mengadakan suatu kegiatan berupa seminar web nasional. Seminar ini diadakan pada Rabu 1 Juli 2020 pukul 10.00 s.d 12.00 WIB melalui aplikasi Zoom Meeting dan Live Streaming pada Youtube PG PAUD UHAMKA dengan Tema “Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini dalam Menghadapi Tantangan di Era Disrupsi”.

Dengan moderator yang dibawakan oleh Ibu Dr. Rohimi Zamzam, S. Psi., M. Pd dengan pemateri yang ahli dalam bidangnya. Diantaranya adalah Bapak Dr. Seto Mulyadi atau yang kerap disapa Kak Seto, beliau adalah psikolog anak  sekaligus ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak. Kak Seto membahas mengenai membangun optimisme orangtua dan guru dalam mempersiapkan anak usia dini di masa depan. Kemudian pemateri kedua adalah Ibu Prof. Dr. Masyitoh Chusnan, M. Ag selaku Ketua PP Aisyiyah yang membahas mengenai pendidikan anak usia dini di Era Disrupsi dalam tinjauan Pendidikan Islam. Pemateri yang terakhir dibawakan oleh Ibu Dr. Chandrawaty, M. Pd selaku Dosen PG PAUD FKIP UHAMKA sekaligus Wakil Dekan II FKIP UHAMKA dan Wakil Ketua Majelis Disdakmen PP Aisyiyah serta Penulis Buku Guru PAUD Hebat. Ibunda Dr. Chandrawaty sebagai salah satu narasumber yang menjelaskan mengenai Desain Pembelajaran PAUD di Era Disrupsi.

Materi-materi seputar urgensi pendidikan anak usia dini dalam menghadapi era disrupsi dibahas dan dikaji oleh para ahli yang merupakan narasumber dari seminar ini. Materi-materi urgensi yang ada salah satunya adalah materi yang disampaikan oleh Ibu Dr. Chandrawaty mengenai desain pembelajaran paud di era disrupsi. Desain pembelajaran ini mencakup pembelajaran berbasis digital, pembelajaran berbasis pemecahan masalah, pembelajaran berbasis project, pembelajaran dengan melakukan percobaan sederhana, pembelajaran kooperatif dan pembelajaran berbasis nilai. Materi yang disampaikan mampu memberikan antusiasme tersendiri dari para peserta, dilihat dari banyaknya peserta yang mengikuti seminar ini yaitu 300 peserta zoom meeting dan 455 peserta di Live Youtube.

Dengan adanya seminar nasional ini dapat menjadi upaya pembaharuan yang positif bagi para peserta yang mengikuti untuk terus menghadapi tantangan pendidikan anak usia dini di era disrupsi ini.

Bidang Akademik dan Kerjasama

Jakarta, 14 November 2022, Pimpinan FKIP UHAMKA bersama Ketua dan Sekretaris LPPM dan Lemlitbang UHAMKA, melaksanakan Koordinasi terkait Pengabdian dan Penelitian Dosen FKIP UHAMKA