FKIP UHAMKA

Visiting Lecturer for Technology Enhanced Learning di Kampus FKIP UHAMKA

Dunia pendidikan saat ini berjalan berdampingan dengan teknologi, terlebih lagi setelah dilanda pandemi Covid-19. Teknologi memungkinkan kita sebagai pengajar mampu melangsungkan kegiatan-kegiatan yang dulu terjadi di kelas nyata menjadi kelas digital. Namun, tentu saja masalah lain timbul saat melakukan pembelajaran online. 

Jumat (3/6), FKIP UHAMKA mengadakan seminar bertajuk Technology Enhanced Learning dan turut mengundang Prof. Tsvetomira Ivanona, Ph.D. dari Sofia University St. Kliment Ohridski, Bulgaria. Tema yang diangkat sangat berkaitan dengan keadaan yang sedang kita hadapi. Prof. Ivanova sebagai narasumber menjelaskan bagaimana kita membuat solusi atas persoalan teknologi pada proses pembelajaran.

Prof. Ivanova menemukan kesamaan yang dialami semua pengajar di seluruh dunia, “Lost communication, emotion, and contact with the student.” Kelas online memang sangat mempengaruhi ikatan antara mahasiswa dengan dosen, dan kemudian berdampak kegiatan perkuliahan yang kurang maksimal. Ini adalah titik awal Prof. Ivanova melakukan penulisan disertasi berjudul “Coronavirus Revitalizing the Concept of Community: Playing Among Us as a Tool for Overcoming the Dangers of Continuing Lockdown.” 

Prof. Ivanova menerapkan konsep bermain Among Us pada pembelajaran Bahasa Jepang pada Japanolgy department di Universitas Sofia St. Kliment Ohridski, Bulgaria. Permainan tersebut terdapat sebuah dunia atau komunitas yang didalamnya terjadi interaksi sosial dengan peran-peran yang dimainkan oleh mahasiswa, diantaranya policeman, kanji master, time keeper, dan group leader. Mahasiswa dapat berkomunikasi dengan Bahasa Jepang untuk menyelesaikan suatu misi. Aplikasi game Among Us dalam pembelajaran Bahasa Jepang ini melatih komunikasi online dan real-life skill, serta melancarkan educative communication. Sangat menginspirasi bapak dan ibu dosen agar bisa menggunakan media interaktif di kelas, bahkan bisa melalui aplikasi game.

Daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. Silahkan mengecek Program Studi Pendidikan Ekonomi dengan follow Ig @pendidikanekonomi_uhamka @himapekom_uhamka. 

Penawaran program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/ atau https://linktr.ee/uhamka. Untuk dapat mengetahui seluruh program studi di Uhamka dan dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka

 

Penulis: BC

Editor: HNY

Bidang Akademik dan Kerjasama

FGD TIM TEACHING

Jakarta, 27 Januari 2022, Dilakansakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Mata Kuliah Tim Teaching Tahun Akademik 2022-2023