FKIP UHAMKA

WORKSHOP PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN GEOGRAFI SESUAI PROGRAM MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA (MBKM) UNTUK MENCIPTAKAN LULUSAN YANG UNGGUL Prodi : Pendidikan Geografi

Pendidikan Geografi memperoleh Hibah Program Bantuan Kerjasama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar- Kampus Merdeka (MKM) dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2021. Dalam rangka tersebut, untuk itu program studi menyelengarakan workshop peninjauan kurikulum sesuai dengan tuntutan Permendikbud No. 03 Tahun 2020 terkhusus terkait Standar Pembelajaran yang menuntut program studi dapat memfasilitasi mahasiswa dapat menempuh perkuliahan di lintas program studi di perguruan tinggi yang sama, antara perguruan tinggi, dan praktik di luar perguruan tinggi.

Workhsop diselenggarakan pada Hari Minggu, tanggal 20 Juni Tahun 2021 yang membahas terkait visi program studi yaitu:” Menjadi Program Studi penyelenggara pendidikan guru geografi yang mampu bersaing di tingkat nasional pada Tahun 2025 yang didasari oleh kecerdasan spiritual, intelektual, emosional dan sosial serta penggunaan teknologi geospasial untuk analisis kebencanaan”. Berdasarkan visi tersebut, harapan kami lulusan Program Studi Pendidikan Geografi memiliki kompetensi khas yaitu mampu menjadi guru dan peneliti yang memiliki kompetensi dalam analisis secara spasial terkait kebencanaan. Mengingat aktivitas bencanaan di Indonesia baik alam, non alam, ataupun social memiliki frekuensi lebih tinggi, sehingga kajian dan kompetensi tersebut menjadi kebutuhan untuk di lapangan.

 Untuk mendukung kompetensi tersebut, maka kami menyusun struktur kuriukulum dengan mata kuliah-mata kuliah sesuai dengan kajian kebencanaan dan isu-isu terkini terkait kegeografian, seperti: Mata Kuliah Geografi kebencanaan, Manajemen Bencana, Kajian Geografi Bencana Sosial, Adaptasi Perubahan Iklim, Geografi Budaya dan Kearifan Lokal, Analisis Citra Digital dan Foto Ddara, dan mata kuliah lainnya yang di susun untuk mendukung kompetensi tersebut. Selain itu, untuk meningkatkan wawasan, pengalaman, dan keilmuan mahasiswa, Program Studi mendesain proses pembelajaran dapat dilakukan di berbagai instansi dan perguruan tinggi lainnya sebagai mitra, seperti: BMKG, Dinas Survei Pemotretan Udara TNI AU, BNPB, UMP, UMS, dan lainnya. Dengan desain kurkulum dan rencana implementasi kegiatan pembelajaran demikian, harapannya lulusan Pendidikan Geografi FKIP UHAMKA memilki kompetensi selain menjadi guru mampu bekerja di instani-instansi kegeografian.

Bidang Akademik dan Kerjasama

Jakarta, 14 November 2022, Pimpinan FKIP UHAMKA bersama Ketua dan Sekretaris LPPM dan Lemlitbang UHAMKA, melaksanakan Koordinasi terkait Pengabdian dan Penelitian Dosen FKIP UHAMKA