Pendidikan Biologi

Profil Program Studi
Visi Program Studi
Misi Program Studi
Tujua Program Studi
Profil Lulusan
Profil Program Studi

Untuk menghadapi persaingan global saat ini, dibutuhkan Sumber daya manusia yang berkualitas dan berintregritas.

Program Studi Pendidikan Biologi – Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, sebagai salah satu program studi yang selalu berperan aktif dalam mencetak generasi pendidik professional untuk mewujudkan cita-cita bangsa.

Berdiri sejak 20 Mei 1997, Pendidikan Biologi UHAMKA memiliki tugas dan tanggung jawab dalam pembentukan pendidik yang handal, kompetitif, berwawasan global, dan memiliki kecerdasan spiritual, intelektual, emosional dan social, serta terampil dalam mengembangkan IPTEK.

Karakter sumber daya manusia yang kuat tersebut, diharapkan melekat pada profil lulusan Pendidikan Biologi UHAMKA sebagai pendidik, asisten peneliti, dan wirausahawan, di bidang Pendidikan Biologi dan biologi terapan lainnya.

Untuk menjamin pembentukan karakter unggul pada profil lulusannya, Program Studi Pendidikan Biologi UHAMKA mengembangkan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah melalui :

Pertama, menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berbasis IPTEK, dengan menggelar berbagai kegiatan akademik seperti: Seminar; Workshop; Studi ekskursi, kuliah lapangan, Biofair, dan berbagai lomba inovasi lainnya.

Kedua, melaksanakan kegiatan penelitian yang berorientasi pada pengayaan materi dan inovasi pembelajaran biologi. Dosen pendidikan biologi UHAMKA juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa, untuk melakukan kolaborasi riset dalam bidang pendidikan, inovasi media pembelajaran, dan riset biologi terapan lainnya.

Ketiga, melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai bentuk kepedulian dosen dan mahasiswa terhadap peningkatan profesionalitas guru dan kesejahteraan masyarakat. Wujud kegiatan ini antara lain memberikan Pelatihan media pembelajaran digital dan model Pembelajaran inovatif bagi guru, Pelatihan budidaya jamur tiram, pembuatan kompos, yogurt, dan lain sebagainya.

Keempat, menyelenggarakan pembinaan Al-Islam Kemuhammadiyahan, yang diterapkan melalui aktivitas tadarus Al-Quran setiap awal pembelajaran, integrasi ayat-ayat Al-Qur’an pada materi kuliah, dan menyelenggarakan kegiatan Darul Arqom dan Baitul Arqom bagi seluruh civitas akademik.

Program Studi Pendidikan Biologi beralamat di Kampus FKIP UHAMKA, Jl. Tanah Merdeka, Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Lokasi yang nyaman dan strategis untuk menimba ilmu, yang dapat diakses dengan mudah melalui berbagai moda transportasi.

Selain tenaga pengajar berkualifikasi Doktor dan Magister yang handal dan kompeten, Program Studi Pendidikan Biologi UHAMKA juga memiliki sarana dan prasarana pendukung kegiatan pembelajaran yang representative, baik akademik maupun non-akademik diantaranya:

Ruang kuliah yang nyaman yang dilengkapi dengan Wifi, SmartBoard, LCD, dan Air Conditioner. Laboratorium Biologi, Laboratorium ICT, Laboratorium Microteaching, Ruang diskusi, Perpustakaan, Greenhouse, Rusunawa, Gedung Olahraga, Graha Mahasiswa, serta jaringan wifi diberbagai lokasi, untuk membantu mengembangkan ilmu pengetahuan, minat dan bakat mahasiswa.

Sarana dan prasaran merupakan alat penunjang keberhasilan yang sangat penting dalam proses pembelajaran.

Saat ini, Program studi Pendidikan Biologi UHAMKA telah memiliki berbagai sarana prasarana yang lengkap dan memadai, baik kegiatan akademik maupun non-akademik.

Dalam mewujudkan proses pembelajaran yang nyaman, efektif, dan kondusif di kelas, Pendidikan Biologi UHAMKA telah memiliki Smart Classroom yang representatif dan modern.

Setiap Ruang kelas telah dilengkapi dengan smartboard multifungsi, Air Conditioner, jaringan internet nirkabel, dan LCD.

Untuk menunjang kegiatan praktikum, Pendidikan Biologi UHAMKA telah memiliki 3 ruang Laboratorium Biologi,-  yang dapat memfasilitasi mata kuliah berbasis praktek, seperti Struktur dan Fisiologi Hewan, Struktur dan Fisiologi Tumbuhan, Tumbuhan Vaskuler dan Non vaskuler, vertebrata dan Avertebrata, mikrobiologi, mikroteknik, Biokimia, Genetika Dasar, dan Peralatan lapangan untuk kegiatan praktek ekologi dan kuliah lapangan.

Pendidikan Biologi UHAMKA juga memiliki 2 buah Greenhouse dengan system vertigasi dan tata ruang yang baik. Greenhouse ini juga digunakan untuk kegiatan praktikum dan pendalaman minat kelimuan lainnya seperti hidroponik, aquascape, aquaponic, dan vertikultur,  untuk melatih keterampilan budidaya tanaman dan menumbuhkan jiwa entrepreneurship mahasiswa.

Sarana penting lainnya adalah perpustakaan yang nyaman dan lengkap. Adanya Open Public Access Catalog pada system jaringan perpustakaan UHAMKA, memungkinkan mahasiswa melakukan penelusuran digital sumber-sumber belajar dan referensi dengan mudah.

Selain itu, perpustakaan UHAMKA juga telah melanggan data base online seperti ProQuest, EBSCO, dan Oxford University Journals.  

Dalam menunjang pembelajaran dan pelayanan mahasiswa, Pendidikan Biologi UHAMKA melaksanakan kegiatan berbasis IT. Laboratorium ICT FKIP UHAMKA, telah dilengkapi jaringan internet berkecepatan tinggi, dan jaringan nirkabel di berbagai sudut ruang untuk memudahkan mahasiswa dalam mencari informasi dan mengembangkan pengetahuan secara mandiri.

Sistem pelayanan dan manajemen pembelajaran berbasis IT diwujudkan melalui UHAMKA Mobile, Sistem Bimbingan Akademik atau SIBAK, Online learning UHAMKA atau OLU, Sistem Layanan Akademik, dan Layanan administrasi lainnya

Sarana dan prasaran penunjang kegiatan akademik dan non-akademik lainnya antara lain:

RUANG DOSEN yang dilengkapi ruang rapat dan bimbingan akademis,

Ruang diskusi untuk mahasiswa,

GRAHA MAHASISWA untuk organisasi kemahasiswaan,

RUSUNAWA atau asrama mahasiswa sebagai tempat pembinaan kader persyarikatan,

Masjid Darul Ulum untuk sarana beribadah dan keagamaan,

PoliKlinik UHAMKA,

Gedung olahraga,

dan tempat parkir kendaraan yang luas.

Dengan kelengkapan sarana dan prasaran yang representatif dan memadai,

Pendidikan biologi UHAMKA menyakini dapat menyelenggarakan Pendidikan yang berkualitas dan professional dalam upaya mewujudkan Visi Misi dan Tujuan Program Studi Pendidikan biologi UHAMKA.

Program Studi Pendidikan Biologi UHAMKA merupakan tempat yang tepat bagi generasi muda, untuk mengembangkan kompetensi dan menjadi pendidik bangsa masa depan.

Visi Program Studi

“Menghasilkan lulusan yang unggul, memiliki kecerdasan spiritual, intelektual, emosional dan sosial dalam pengembangan pembelajaran Biologi yang terintegrasi nilai-nilai profetik”

Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan Biologi berbasis profetik dengan memanfaatkan teknologi informasi yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian dalam bidang pendidikan biologi yang diorientasikan pada publikasi ilmiah, memperkaya proses pembelajaran, dan diseminasi kemanfaatannya di masyarakat.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai hilirisasi penelitian pendidikan biologi, menjaring input kajian pembelajaran Biologi sekaligus sebagai wahana dakwah islamiah.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pembinaan Al Islam Kemuhammadiyahan baik secara khusus, maupun terintegrasi dengan pembekalan bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada masyarakat.

Tujua Program Studi

  1. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Biologi yang kompeten sebagai pendidik, peneliti muda, dan enterpreuneur yang berkarakter Islami.
  2. Mewujudkan iklim akademik yang kondusif untuk berkembangnya sivitas akademika yang kritis, kreatif dan inovatif serta menhasilkan luaran berupa bahan kajian proses pembelajaran, publikasi ilmiah, dan materi pengabdian kepada masyarakat.
  3. Membentuk karakter sivitas akademika pendidikan biologi yang berkontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat dan sarana memperoleh input bahan kajian pembelajaran Biologi.
  4. Mewujudkan program studi Pendidikan Biologi sebagai wahana pembentukan sivitas akademika yang berakhlak mulia.

Profil Lulusan

Penentuan visi, misi, dan tujuan, serta profil lulusan menjadi dasar untuk mengidentifikasi kompetensi yang menunjang lulusan dalam berkarya. Berdasarkan hasil diskusi bersama stakeholder internal, dijelaskan bahwa visi prodi difokuskan untuk pengembangan lembaga, sementara misi prodi adalah bagaimana mengupayakan terciptanya lulusan yang sesuai dengan kompetensi yang diharapkan. Profil lulusan juga perlu dicermati dan diidentifikasi agar terlihat sebagai gambaran untuk kemitraan saat program MBKM berjalan. Dari hasi diskusi tersebut juga mulai dibahas mengenai peluang kerja sama dengan universitas lain terkait program MBKM seperti pertukaran mahasiswa, sehingga mulai dirancang mata kuliah atau kompetensi yang akan dibekalkan oleh prodi/universitas lain.

Penyusunan draft visi, misi, dan tujuan tentunya mengacu pada visi dan misi yang dirancang oleh universitas dan fakultas. Perubahan visi prodi tertuang pada redaksinya, dimana visi prodi yang lama adalah “Pada tahun 2020 menjadi program studi yang unggul di tingkat nasional dalam menghasilkan sarjana Pendidikan Biologi yang handal, kompetitif, berwawasan global, serta memiliki kecerdasan spiritual, intelektual, emosional dan sosial” berganti menjadi “Menghasilkan lulusan yang unggul, memiliki kecerdasan spiritual, intelektual, emosional dan sosial  dalam pengembangan pembelajaran Biologi yang terintegrasi nilai-nilai profetik”.

Perubahan redaksi pada visi prodi sebelumnya berganti dengan visi keilmuan, yang didasari dengan berbagai alasan dan pertimbangan. Kalimat “dalam menghasilkan sarjana Pendidikan Biologi yang handal, kompetitif, berwawasan global, serta memiliki” dihilangkan dengan alasan karena visi prodi tidak hanya fokus pada lulusan saja tetapi kelembagaan yang mencakup aspek dosen, lulusan, mahasiswa, kegiatan penelitian, maupun pengabdian.

Redaksi kalimat yang dipertahankan adalah “kecerdasan spiritual, intelektual, emosional dan sosial” dengan alasan pertimbangan karena mewakili visi universitas yang mencirikan prophetic teaching university, yang dimaknai bahwa UHAMKA mampu menyelenggarakan program-program pendidikan tinggi yang unggul dan terinspirasi oleh teladan-teladan dari Nabi Muhammad SAW. Perubahan misi mengacu pada misi dari universitas dan fakultas, serta mengacu dari draft visi prodi baru. Misi prodi bidang pendidikan dapat menjadi dasar dalam merevisi struktur kurikulum. Tujuan prodi juga diubah menyesuaikan dengan draft visi dan misi prodi yang baru. Sementara profil lulusan prodi adalah pendidik pemula, peneliti muda, dan wirausaha muda.

Berita Terkini