Visi dan Misi

Visi dan Misi

 

Visi

“Menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terbaik di tingkat Nasional pada tahun 2024 yang menghasilkan Sarjana Pendidikan unggul dalam Kecerdasan Spiritual, Intelektual, Emosional, dan Sosial”. Penjelasan berkenaan dengan kata kunci pada pernyataan Visi di atas adalah sebagai berikut:

  1. Cerdas Spiritual, antara lain ditunjukkan dengan sikap ketaatan menjalankan ajaran agama, rajin beribadah, beraklaq mulia, berhati nurani, memiliki sifat dan perilaku hidup bermasyarakat yang layak menjadi tauladan.
  2. Cerdas Intelektual, antara lain ditunjukkan dengan sifat dan sikap Smart, Kreatif, Inovatif, Objektif, Tangkas, didasari oleh sikap Tawadlu kepada Allah SWT dan mampu memerankan diri sebagai solusi bagi lingkungan.
  3. Cerdas Emosional, antara lain ditunjukkan dengan sifat dan sikap menyadari
    hakikat diri sendiri, berprinsip lebih baik “memberi” daripada “menerima” sebagai Implementasi Surat Al-Maun, berempati, bersemangat untuk berprestasi, bekerja keras, tidak mudah putus asa, dan pandai bekerja sama (bersinergi) dan berkolaborasi.
  4. Cerdas Sosial, antara lain ditunjukkan dengan sifat dan sikap bermanfaat bagi lingkungan, toleran sesuai dengan petunjuk Allah pada Surat Al-Kafirun, menghargai orang lain, gemar bersilaturahmi, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan lingkungan, bertanggung jawab menjadi elemen persyarikatan Muhammadiyah.

Misi

Untuk mewujudkan Visi tersebut, FKIP UHAMKA menyusun Misi sebagaimana yang tercantum dalam Renstra FKIP UHAMKA tahun 2020-2024 adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang mengitegrasikan nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan dengan Sains.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pembinaan kemahasiswaan yg bermutu tinggi dan inovatif untuk menghasilkan lulusan yang cerdas secara spiritual, intelektual, emosional, dan sosial.
  3. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang unggul dan bermanfaat secara nyata.
  4. Menyelenggarakan tata kelola perguruan tinggi dan layanan yang bermutu tinggi berbasis kompetensi yg memadai dengan dukungan ICT.
  5. Menyelenggarakan tata kelola aset finansial maupun non-finansial untuk meningkatkan kinerja dan kesejahteraan secara berkelanjutan.

Berdasarkan Visi dan Misi di atas, FKIP UHAMKA memiliki Tujuan sebagaimana yang tercantum dalam Renstra FKIP UHAMKA tahun 2020-2024 adalah:

  1. Mewujudkan kampus yang memiliki norma akademik yang mengintegrasikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dengan sains.
  2. Menghasilkan lulusan yang cerdas secara spiritual, intelektual, emosional, dan sosial.
  3. Menghasilkan karya ilmiah dan karya pengabdian masyarakat yang bermutu tinggi dan berdampak luas.
  4. Mewujudkan sistem tata kelola perguruan tinggiyang transparan dan akuntabel.
  5. Mewujudkan kesehatan keuangan dan sistem remunerasi yang dapat mendorong peningkatan kinerja.