FKIP UHAMKA

KKN-Dik 2022 Pendidikan Ekonomi FKIP UHAMKA “Berdaya Bersama Masyarakat”

Program studi Pendidikan Ekonomi FKIP UHAMKA telah membuat kegiatan pengabdian masyarakat yang masuk ke dalam kurikulum program studi dengan bentuk pelaksanaan KKN-Dik (Kuliah Kerja Nyata Pendidikan) Tematik keprodian. Hal ini sebagai wujud komitmen program studi melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. KKD-Dik ini dilaksanakan oleh mahasiswa/mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi, yang merupakan bentuk kegiatan pengabdian masyarakat dengan memiliki sistem kredit semester (SKS) berbobot 3 SKS. Kegiatan KKN-Dik disesuaikan dengan kondisi di tengah pandemik saat ini. Program Studi Pendidikan Ekonomi memberikan adaptasi pada kegiatan tersebut, diantaranya durasi waktu pelaksanaan, bentuk pelaksanaan daring dan luring, dan juga tetap mematuhi protokol kesehatan.

KKN-Dik dilakukan oleh mahasiswa semester 7 yang terbagi dalam 18 kelompok. Para mahasiswa mengikuti KKN-Dik dengan tema yang telah ditentukan oleh program studi, yaitu pendidikan dan ekonomi. Kegiatan ini dilakukan secara daring ataupun luring dengan pembatasan dan tentunya mematuhi protokol kesehatan. 

Kegiatan diseminasi hasil KKN-Dik dilakukan melalui zoom meeting pada hari sabtu, 12 Maret 2022 pukul 08.00. Pada diseminasi ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa dan tim KKN-Dik dari program studi. Sambutan dan pembukaan kegiatan hari ini disampaikan oleh Dekan FKIP UHAMKA, Dr. Desvian Bandarsyah, M.Pd. Kemudian, masuk pada rangkaian acara selanjutnya yaitu materi dari narasumber pertama yaitu Dr. Gufran Amirullah, M.Pd (Ketua LPPM UHAMKA) tentang Berdaya Bersama Masyarakat. Beliau menyampaikan bahwa titik tumpu KKN adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen pembimbing lapangan. Syaratnya ada dua yaitu ada mahasiswa dan ada pembimbing. KKN itu bukan semata-mata kewajiban akademik, tapi KKN itu merupakan salah satu pintu agar kita bisa menyelami, menyerap aspirasi masyarakat kegundahan, kegelisahan sekaligus bisa menyaksikan loyalitas budaya keramahan dari masyarakat itu sendiri. Beliau juga menambahkan bahwa LPPM Uhamka sebagai kampus top 3 terbaik di Jakarta untuk kategori pengabdian masyarakat.

Acara berikutnya yaitu materi mengenai kiprah mahasiswa di masyarakat oleh Bapak Dr. H. Edy Sukardi, M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa sebagai mahasiswa tidak hanya menjadi aktivis kampus tetapi juga harus hadir di kehidupan masyarakat. Kita memiliki ilmu yang harus kita praktekkan di tengah-tengah masyarakat, sehingga karena ilmu yang kita miliki kita dapat berbagi di tengah-tengah kehidupan masyarakat,

Selanjutnya, presentasi masing-masing kelompok diseminasi hasil dilakukan via breakout zoom meeting pada pukul 13.00. Luaran yang dihasilkan oleh mahasiswa Pendidikan ekonomi berupa video dan hasil video akan didesiminasikan dalam sebuah seminar yang dilakukan di setiap kelompok di review oleh dosen dan disaksikan oleh adik kelas mahasiswa Pendidikan Ekonomi UHAMKA. 

Kesempatan untuk berpartisipasi dalam KKN-Dik sebagai mahasiswa UHAMKA terbuka lebar. Daftarkan diri Anda untuk menjadi mahasiswa baru dan dengan penawaran program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/  atau https://linktr.ee/uhamka. Untuk dapat mengetahui seluruh program studi di Uhamka dan dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka. Untuk 12 Program Studi unggulan di FKIP Uhamka atau melalui https://linktr.ee/pbsiuhamka

Bidang Akademik dan Kerjasama

FGD TIM TEACHING

Jakarta, 27 Januari 2022, Dilakansakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Mata Kuliah Tim Teaching Tahun Akademik 2022-2023