Mahasiswa UHAMKA Masuk Dalam Kemah Budaya Kaum Muda

Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) merupakan platform kerja budaya yang menghimpun kaum muda yang berusia antara 18 – 28 tahun untuk menjawab berbagai tantangan pemajuan kebudayaan dengan memanfaatkan kekayaan wawasan di bidang STEAM dan Revolusi Industri 4.0. Sebagai platform kerja budaya, KBKM memainkan sejumlah peran.

KBKM merupakan program kegiatan yang dilakukan oleh Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI) 2018 yang merupakan kegiatan forum khusus anak muda yang memiliki tujuan bersama yaitu memajukan kebudayaan Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) ini akan dilaksanakan pada 21-25 Juli 2019 di Bumi Perkemahan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Peserta KBKM diikuti oleh kaum muda berusia 18-25 tahun terdiri atas 1.204 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia. Sebanyak 602 peserta berasal dari seleksi terbuka dan 602 peserta merupakan seleksi dari wakil kabupaten/kota yang telah menyusun Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) pada saat KKI 2018.

Dalam kegiatan ini, dilaksanakan sepenuhnya dalam kegiatan kemah di Prambanan. Proses penjurian akan dilakukan untuk memilih 12 kelompok dengan inisiatif terbaik dari total 130 kelompok yang berpartisipasi dalam kemah. Keluaran tahap ini adalah model proyek (proposal rinci dan business canvas yang dapat disertai dengan model).

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA) dalam hal ini ikut serta dalam program KBKM dimana mengirim beberapa mahasiswa diantaranya terdiri 2 kelompok yang berbeda yaitu dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Prodi Bimbingan Konseling (BK) dengan nama kelompok Ape Pandeglang yang terdiri dari Faqih Febrianto, Shafna Utami Nur Fairuz, dan Siti Rizqiah Manzilah dan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dengan nama kelompok Ratangga terdiri dari Feri Setiyawan, Fikri Achmedia Indrywantoro, dan Nur Syaidah.